Demokrat Alihkan Dukungan di Pilkada Keerom, Markum dan Malensius Diberikan SK

JAYAPURA (PTIMES)- Jelang pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati, Partai Demokrat mengeluarkan keputusan mendukung pasangan Muhammad Markum,SH,MH,MM dan Malensius Musui,SH.MH pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Keerom 2020.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Carolus Bolly, SE.MM saat video conference kepada wartawan pada Jumat (04/09/2020) dini hari mengatakan Surat Keputusan (SK) DPP Partai Demokrat tentang Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Keerom dan SK Persetujuan calon Bupati dan Wakil Bupati model model B1KWK Parpol yang sebelumnya diberikan kepada pasangan Bobirus Yikwa dan Halim Hamid dialihkan kepada pasangan petahana Muhamad Markum.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

“Tadi, tanggal 3 September sore, Pak Bobirus Yikwa datang bertemu dengan Bappilu dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan menyampaikan bahwa dirinya sebagai calon bupati tidak mampu mendapatkan kursi dari partai politik lain untuk memenuhi persyaratan. Kursi Demokrat di Keerom hanya 2 kursi, butuh minimal 2 kursi dari partai lain. Bobirus kemudian memberi pernyataan kepada DPP bahwa dia siap mendukung pencalonan Muh Markum dan pasangannya,” kisah Carolus.

Atas dasar itulah, Ketua Umum Demokrat AHY menerbitkan SK pencalonan dan formulir B.1-KWK yang menyatakan dukungan kepada Markum dan pasangannya pada Pilkada Keerom.

“SK dan B.1-KWK itu diterima oleh Bobirus Yikwa selaku Plt. Ketua DPC Keerom sekitar jam 7 malam terbang ke Jayapura dan langsung pulang ke Keerom untuk menyerahkan ke pasangan Markum esok,” ungkap Carolus.

Sebelumnya Demokrat merilis dua kadernya yakni Bobyrus Yikwa dan Nesco Wonda diberikan surat tugas untuk mencari dukungan partai lain. Namun hingga akhir waktu, kedua kader tidak mendapatkan dukungan dari parpol lainnya.

“Demokrat hanya memiliki kursi 2 sedangkan syarat untuk maju di Keerom, harus mendapat dukungan 4 kursi untuk mencalonkan. Dalam perjalanan pasangan Bobyrus Yikwa dan Halim Hamid mendapat SK dan B1KWK. Namun Boby tidak mendapat dukungan parpol lain sehingga dialihkan ke Markum dan Malensius Musui,”tandas Carolus.

Editor: HANS B/ GUSTI M

Komentar