Mengerucut Tiga Nama, Penentuan Jabatan Sekda Kini Diserahkan ke Presiden

JAYAPURA (PTIMES) – Gubernur Papua Lukas Enembe mengkonfirmasi telah menerima berkas tiga nama calon Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, dari tim seleksi yang diketuai Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri.

Tiga calon yang sudah dinyatakan lulus tes akhir tersebut, selanjutnya akan diserahkan ke Tim Penilai Akhir (TPA), yang diketuai Presiden Jokowi melalui Menteri Dalam Negeri.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Intinya dari tiga nama yang muncul itu, tim TPA hanya memilih satu orang. Sehingga apa yang diputuskan presiden, itu yang kami akan akui sebagai sekda Papua,” terang Enembe di Kantor Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Papua di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Diketahui, tiga nama yang lulus tes akhir sebagai calon Sekda Papua tersebut, yakni Doren Wakerkwa, Wasuok Demianus Siep serta Dance Yulian Flassy.

Menurut Lukas, meski dirinya dalam tahap pemulihan pasca menjalani perawatan di Rumah Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, seluruh tahapan seleksi tetap dalam pantauannya.

Sebab ia berkeinginan kuat agar Pemerintah Provinsi Papua, segera memiliki Sekda definitif, guna menunjang proses pelaksanaan pembangunan di bumi cenderawasih.

“Karena kedepan di Papua ini akan ada agenda Pilkada. Bahkan, saat ini Papua sedang menghadapi pandemi Covid-19 sehingga butuh kebijakan-kebijakan strategis. Sehingga butuh seorang Sekda”.

“Makanya kita harap dengan adanya sekda definitif, akan ada keputuaan-keputusan terbaik yang membantu pelaksanaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Papua,” harap ia.

Pada kesempatan itu, Lukas berterima kasih kepada tim seleksi yang sudah bekerja keras dan cepat mendorong pelaksanaan hingga mengerucut menjadi tiga nama untuk diserahkan ke Presiden.

Ia juga pada kesempatan itu berterimakasih kepada Penjabat Sekda Papua Ridwan Rumasukun yang ikut bekerja keras mempersiapkan proses seleksi dengan baik, dalam waktu singkat.

EDITOR : ERWIN