Demokrat Peduli: RHP Borong Sayur dan Ubi Mama Papua

KOBAKMA (PTIMES)-Di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda dunia, Indonesia dan Papua, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Papua tergerak meringankan beban masyarakat dengan berbagi kasih di Pasar Kobakma, ibu kota Kabupaten Mamberamo Tengah.

Pelaksana Harian (PLH) Ketua DPD Partai Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak,SH,MSi bersama pengurus, Sabtu pagi (6/6/2020) berbagi kasih dengan membeli sayur-mayur dan umbi-umbian dari para penjual yang notabene adalah orang asli Papua.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Selain membeli sayur dan umbian-umbian, PLH Ketua DPD Partai Demokrat juga membagikan masker gratis kepada para penjual dan warga yang saat itu berbelanja. Spontanitas, pria yang akrab disapa RHP itu memberikan uang Rp100 ribu kepada setiap penjual sayur termasuk warga yang berada disitu.

RHP mengatakan, langkah yang dilakukan ini sesuai dengan instruksi Ketua Umum DPP Demokrat kepada seluruh DPD maupun DPC untuk ikut peduli atas kondisi di tengah pandemik Covid-19.

“Berbagi kasih ini merupakan instruksi Ketua Umum Partai Demokrat Pak Agus Yudhoyono bahwa Demokrat tidak hanya hadir untuk ikut terlibat mencegah virus corona, tetapi juga berbagi kasih kepada masyarakat,”ujarnya.

Menurutnya, virus corona yang melanda Indonesia maupun Papua telah memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat, sehingga ini merupakan kewajiban Partai Demokrat untuk ikut peduli.

”Kami memborong semua hasil kebun masyarakat di Pasar Kobakma, yang biasanya belum tentu habis dijual, apalagi di saat kondisi seperti ini. Hampir Rp100 juta habis untuk membeli sayur maupun umbi-umbian milik penjual,” ucapnya.

Ricky Ham Pagawak yang juga Bupati Mamberamo Tengah ini mengatakan, saat kondisi masyarakat yang berjualan sayur dan umbi-umbian cukup sulit, sebab para pegawai yang biasanya membeli produk mereka tidak semuanya berada di Kobakma, sehingga sangat berpengaruh terhadap pendapatan mereka.

Menurutnya, seluruh sayur dan umbi-umbian yang dibeli ini akan dibawa kediamannya untuk diberikan kepada warga termasuk pegawai secara gratis. “Kita ambil dari masyarakat dan dikembalikan juga kepada mereka termasuk para pegawai yang selalu setia berada di ibu kota kabupaten. Ini bagian memberi semangat kepada mereka bahwa Partai Demokarat juga bersimpati dengan kondisi yang terjadi saat ini,” imbuhnya.

Dia menuturkan, selama pandemik Covid-19, atas instruksi Ketua Umum DPP Partai Demokrat, bahwa setiap DPD maupun DPC harus peduli. Partai Demokrat Papua sendiri telah melakukan sejumlah aksi seperti pembagian masker secara grastis dan APS termasuk dan kepada RSUD Wamena sebagai rumah sakit rujukan di wilayah Lapago dan RSUD Lukas Enembe Kobakma Mamberamo Tengah termasuk memberikan bantuan bahan makanan (bama) kepada 16 asrama mahasisiswa di Kota Jayapura.

Dia menegaskan, aksi-aksi kemanusian yang sudah dilakukan akan dilakukan terus selama pandemik Covid-19 berlangsung di berbagai tempat. Baginya, ini bukan merupakan kampanye politik, namun lebih pada bentuk keprihatinan sebagai elemen anak bangsa yang peduli atas apa yang terjadi saat ini.

Editor: REIS M / HANS B