Covid -19 Meningkat, Pembatasan Sosial di Papua Diperluas

JAYAPURA (PTIMES)- Kasus virus Corona (Covid-19) di Provinsi Papua hingga Selasa (07/4/2020) terus meningkat. Merespon hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial (Social Distancing/ Physical Distancing) yang diperluas.

Hal itu tertuang dalam surat Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH kepada Presiden Joko Widodo, perihal Laporan Dampak Penyebaran Virus Corona (Covid 19) terhadap Persiapan Pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI di Papua tahun 2020.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Dalam suratnya tertanggal 7 April 2020 Nomor 06/Sus-GUBPAPUA/IV/2020, Gubernur Enembe melaporkan kepada presiden bahwa perkembangan kasus Covid 19 di Provinsi Papua meningkat. Berdasarkan data per tanggal 5 april 2020, kasus positif Covid 19 sebanyak 26 orang. Sedangkan Pasien dalam Pengawan (PDP) sebanyak 44 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 5.652 orang

“Perlu kami laporkan bahwa perkembangan Covid 19 di wilayah Provinsi Papua terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data per tanggal 5 April 2020, Kasus positif berjumlah 26 orang, 5 pasien diantaranya dinyatakan sembuh yaitu 3 orang di Kota Jayapura dan 2 orang di Kabupaten Merauke. Pasien dalam Pengawan (PDP) sebanyak 44 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 5.652 orang,” lapor Gubernur dalam surat tersebut.

“Mencermati kondisi tersebut dan memperhatikan arahan dari Bapak Presiden serta mempertimbangkan kondisi faktual Papua, kami telah menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial (Sosial Distancing/ Phisica Distancing) yang diperluas.”

Gubernur Enembe melaporkan bahwa Pemerintah Provinsi Papua sedang melakukan review terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 dalam rangka optimalisasi anggaran pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Papua.
“Kami sedang melakukan review terhadap APBD tahun 2020 dalam rangka optimalisasi anggaran pencegahan penyebaran Covid 19 di wilayah Papua,”bilang Gubernur.

Dalam suratnya, Gubernur memberikan dukungan dan apresiasi kepada Presiden dan jajaran Pemerintah Pusat yang terus bekerja menangani masalah penyebaran Covid-19.
“Kami menyadari bahwa dalam mengatasi pemasasalan penyebaran Covid 19, memerlukan sumber daya yang besar, apalagi di wilayah Papua. Tetapi kami percaya atas komitmen dan kesungguhan seluruh elemen bangsa dibawah kepemimpinan bapak presiden, Indonesia akan mampu mengatasi masalah tersebut dalam waktu yang tidak terlalu lama.”

Editor: HANS BISAY