oleh

57 Tahun Uncen, Akreditasi B dan Luluskan 74092 Mahasiswa

JAYAPURA (PTIMES)- Rakyat Papua patut berbangga karena punya Universitas Cenderawasih (Uncen). Diusianya yang ke 58 tahun, Uncen telah membantu peradaban dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanah Papua. Sejak didirikan tanggal 10 November 1962, universitas ini telah melahirkan 74092 lulusan dan sebagian besar adalah putra-putri asli Papua yang kini mengabdi di instansi pemerintah maupun berdikari di sektor swasta.

Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T.,M.T, Rektor Uncen mengatakan hal itu disela-sela rapat terbuka senat Universitas Cenderawasih dalam rangka wisuda lulusan program doktor, program magister, program sarjana, dan program diploma periode III Tahun 2019 di Auditorium Uncen, Kamis (21/11/2019).

“Pada usianya yang ke-57 ini, Universitas Cenderawasih terus berusaha untuk melakukan pembenahan dan perbaikan, baik pada sisi akademik, maupun non akademik,”katanya.

Dikemukakan Safanpo, cepatnya perkembangan dan perubahan zaman secara strategis mengharuskan Uncen merespon peluang dan mengantisipasi tantangan yang sangat dinamis demi kepentingan terwujudnya visi Universitas Cenderawasih “Menjadi universitas yang unggul, berkarakter budaya dan berwawasan lingkungan”.

Dari proses perbaikan tersebut, beberapa capaian yang diperoleh antara lain adalah: Program studi di Universitas Cenderawasih yang berhasil memperoleh peringkat akreditasi “B”.

Kata Safanpo, salah satu peningkatan mutu SDM yang dilakukan Uncen adalah peningkatan SDM tenaga pendidik atau dosen. Dengan mendorong dan memberikan kesempatan kepada para dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang Strata Tiga (S3) baik di dalam negeri maupun di luar negeri dan pengusulan guru besar atau professor.

BACA JUGA  Benyamin Gurik Respon KSP Moeldoko, OAP Bukan Teroris

Hasilnya, saat ini hadir 7 orang dosen yang telah menyelesaikan pendidikan doktor. Mereka adalah DR. Maylen Kathrin Petra Kambuaya, M.Si., Ak.,CA dosen pada Fakultas Ekonomi & Bisnis. Lulusan Program Doktor, Fakultas Ekonomi & Bisnis Makassar, dalam Bidang Ilmu Ekonomi, lulus dengan Sangat Memuaskan.

DR. Halomoan Hutajulu, M.Si dosen pada Fakultas Ekonomi & Bisnis. Lulusan Program Doktor, Fakultas Ekonomi & Manajemen Institut Pertanian Bogor, dalam Bidang Ekonomi Kelautan Tropika, lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan.

DR. Kusdianto, M.Pd, dosen pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Lulusan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jogyakarta, dalam Bidang Ilmu Pendidikan, Konsentrasi Pendidikan IPA, lulus dengan Predikat Cumlaude.

DR. Yunus P. Paulangan, S.Kel.,M.Si, dosen pada Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Lulusan Program Doktor Institut Pertanian Bogor, dalam Bidang Pengelolaan Sumberdaya Pesisir & Lautan, lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan.

DR. Fredrik Sokoy, S.Sos,.M.Sos, dosen pada Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Pemerintahan, Lulusan Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih, dalam Bidang Ilmu Pendidikan Antropologi, lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

BACA JUGA  Komnas HAM Bertemu Gubernur Enembe, Begini Kondisi Kesehatannya

DR. Abertina Nasri Lobo, S.Sos, M.Si, dosen pada Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Pemerintahan, Lulusan Program Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung, dalam Bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial, lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

DR. Ferinandus Leonardo Snanfi, S.IP,. M.Sc, dosen pada Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Pemerintahan, Lulusan Program Pascasarjana Universitas Gadja Mada, dalam Bidang Kepimpinan & Inovasi Kebijakan, lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Editor: HANS BISAY

Komentar