PON XX, Atlet PASI TC di Mimika Sport Center

JAYAPURA (PTIMES)- Tim Atletik Papua dipastikan menjalani Training Center (TC) di Mimika Sport Center (MSC), Kabupaten Mimika. Pemusatan latihan jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 tersebut, diikuti 76 atlet dan 30 pelatih. Kepastian ini setelah adanya dukungan dan ijin dari Pemerintah Kabupaten Mimika dan KONI serta PT Freeport Indonesia.

Ketua Harian Pengurus Provinsi (Pengprov) PASI Papua, Yulianus Worabay,SE.MM, pekan ini di Kantor KONI Papua mengatakan atlet PASI Papua akan diberangkatkan setelah peralatan latihan untuk para atlet disiapkan KONI dan Pengprov PASI.

Worabay mengapresiasi PT Freeport, Pemerintah Kabupaten Mimika dan KONI Mimika yang mendukung atlet-atlet Papua menjalani pemusatan latihan di MSC Timika dalam rangka menopang prestasi anak-anak Papua yang akan bertanding di PON XX.

“Pemusatan latihan atlet kita untuk persiapan menuju PON XX akan dipindahkan ke Mimika Sport Center di Kabupaten Mimika karena tempat TC atau latihan kita di Lapangan Mandala dalam proses renovasi untuk venue PON,”ujar Worabay.

Menurut Worabay, pemindahan TC atlet PASI Papua ke Timika awalnya dijadwalkan Senin (21/10/2019) namun karena peralatan baru akan diadakan dalam pekan ini maka jadwal keberangkantan diundur menunggu kesiapan peralatan latihan.

“Saya sudah lakukan kordinasi dengan KONI Papua, Dalam waktu dekat ini kita bersama KONI akan membeli peralatan latihan, sehingga atlet sudah bisa gunakan ketika TC di Mimikai,”katanya.

Mengenai target PASI di PON, Worabay mengatakan atlet-atlet Papua siap tampil all out di PON XX. Oleh karenanya diharapkan dengan siswa waktu kurang lebih setahun jelang PON, PASI didukung KONI Papua akan memaksimalkan nomor-nomor unggulan Papua untuk merebut medali emas.

“Bapak Gubernur sudah menyampaikan bahwa Atletik dan Sepak Bola menjadi ikon prestasi di PON 2020 mendatang. Sehingga di TC terpusat, atlet kita bakal dilatih dan digenjot supaya siap tampil di PON,”ungkap Worabay.

Atletik merupakan salah satu Cabang Olahraga andalan Papua yang selalu menyumbangkan medali emas di PON. Pada PON XIX di Jawa Barat, Atletik menyumbangkan 1 medali emas dari nomor Lempar Lembing.

Editor: HANS BISAY