oleh

Pemkab Tolikara Pindah Kantor ke Igari

KARUBAGA (PTIMES)- Pemerintah Kabupaten Tolikara memindahkan sejumlah instansi sektoral di Kawasan Kantor Pemerintahan (Kapem) Tolikara di Igari Distrik Wenam. Pemindahan itu terkait dengan bangunan di lokasi perkantoran yang lama tidak layak dan sejumlah ruangan dan gedung retak dan dinilai berbahaya.
Hal itu dikemukakan Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE, M. Si didampingi Kapolres Tolikara AKBP Leonard Akobiarek dan Sekda Tolikara Anton Warkawani, SE usai meninjau pembangunan Kantor Bupati di kampung Igari Distrik Wenam Kabupaten Tolikara.
Menurut Bupati, 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang siap untuk pindah tempat kerja yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perindustrian dan Koperasi, Dinas Pendidikan, Inspektorat, Dinas Perhubungan, DInas Perumahan, Dinas Komunifkasi dan Informasi dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.
“Pemkab Tolikara membangun perkantoran di kawasan baru karena lokasi perkantoran lama banyak bangunan sudah retak. Kondisi ini tentu membahayakan bagi keselamatan pegawai. Apalagi ketika musibah gempa mengancam keselamatan nyawa orang,”ungkap Bupati Wanimbo.
Bupati Usman Wanimbo berharap dengan ditempatinya kantor baru ini masing – masing OPD mampu meningkatkan prestasi kinerja yang lebih tinggi. Dan pelayanan pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan bisa bisa diberikan secara prima dan optimal.
Disela-sela kunjungan kerjanya, Bupati mengatakan sebelum OPD menempati kantor baru, diawali dengan dilakukannya pertemuan Pemkab Tolikara dengan masyarakat dua suku pemilik hak ulayat setempat yakni suku Yikwa -Wanimbo dan suku Weya – Yikwa. Dalam Pertemuan yang di gelar sehari di Aula kantor Bupati Tolikara di Igari Selasa (03/9/2019) kedua belah pihak menyepakati pelayanan pemerintahan di Igari dengan kompensasi diantaranya pemberian 2 unit strada dan 2 truk masing – masing untuk suku Weya-Yikwa dan Yikwa-Wanimbo.
Kompensasi lainnya adalah pembangunan 2 unit gedung gereja untuk masing-masing suku, termasuk pembangunan perumahan. “Disepakati juga untuk memberikan kuota khusus penerimaan pegawai honorer untuk bekerja di lingkungan kantor Pemkab Tolikara ,dan juga bagi saudara – saudara berijazah SMA dan Sarjana diangkat menjadi pegawai pada setiap kali formasi CPNS.”
“Sebegian besar permintaan masyarakat pemilik hak ulayat sudah kami penuhi,tinggal sedikit yang akan dipenuhi bertahab sesuai kebutuhan dengan memperhatikan kemampuan Pemkab Tolikara,”ungkap Bupati Usman Wanimbo.

BACA JUGA  Butuh Dana Rp23 M , Oktober Kawasan Olahraga Stadion Lukas Enembe Dibuka untuk Umum

Editor: LEPIANUS KOGOYA

Komentar