oleh

Menkoinfo Tinjau Progres Proyek Palapa Ring

WAMENA-Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkoinfo), Rudiantara pekan ini meninjau progres proyek pembangunan Palapa Ring Paket Timur di Provinsi Papua. Hingga kini kemajuan pembangunan proyek tersebut telah mencapai 86,48 persen.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Papua,Kansiana Salle,SH yang mendampingi Menkoinfo kepada pers, Selasa (1/5/2019) mengatakan dari kunjungan kerja ke lokasi proyek di Jayawijaya, Intan Jaya dan Mimika terungkap bahwa pemasagan kabel fiber optik maupun microwave pada 23 kabupaten, khusus untuk kabel fiber optik darat mencapai 94,015 persen sedangkan microwave 92,87 persen.
“Saya baru saja mendampingi Menkominfo ke dengan menggunakan helikopter ke Pegunugan untuk menyaksikan secara langsung pembangunan tower microwave, dalam proyek Palapa Ring Paket Timur”.
Menurut Kansiana, kunjungan Menkominfo Rudiantara ke Papua yang menyaksikan secara langsung pembangunan tower microwave mendapat apresiasi dari masyarakat bumi cenderawasih. Sebab lokasi tersebut ternyata hanya bisa dicapai dengan transportasi udara.
Menkominfo Rudiantara dalam kunjugannya ke Papua juga menyaksikan salah satu pemanfaatan broadband Palapa Ring yang diimplementasikan oleh “pembelajaran live streaming antara Jakarta dengan dua kabupaten di Natuna dan Mimika. Live streaming itu, tepatnya berlokasi di Sejolah Dasar Negeri (SDN) Poumako – Timika, Kabupaten Mimika. Kegiatan ini juga dihadiri seluruh pejabat terkait di wilayah setempat.
Di lokasi tersebut, Rudiantara sempat melakukan teleteaching atau metode pengajaran jarak jauh dengan jaringan serat fiber yang relatif stabil antara Mimika, Natuna dan Jakarta memanfaatkan Palapa Ring Barat, serta Timika menggunakan Palapa Ring Timur.
Dalam kunjungannya, Menkominfo mengatakan sejumlah kesulitan dalam realisasi proyek Palapa Ring antara lain akses transportasi untuk mengangkut material yang cukup sulit karena menggunakan angkutan udara serta potensi ancaman gangguan keamanan. Namun aparat TNI dan Polri ikut terlibat langsung mengamankan proses pembangunan di sejumlah titik yang rawan gangguan terutama di daerah pedalaman dan pegununungan di Provinsi Papua (Sugapa, Ilaga, Kota Mulia, Karubaga, Tiom, Kobakma, Elelim, Wamena, Kenyam, Sumohai, Dekai, Oksibil) serta beberapa kabupaten/kota lain di Papua dan Papua Barat seperti Sorong, Fef, Aifat, Teminabuan, Bintuni, Anggi.
Selain daerah tersebut ada juga di Manokwari, Tanggung, Raisei, Ransiki, Biak, Numfor, Sorendiweri, Serui, Botawa, Nabire, Botawa, Kigamani, Tigi, Timika, Enarotali, Agats, Merauke, Keppi, Tanah Merah, Waropko, Jayapura, Waris, Sarmi, dan Burmeso.
Meskipun menemui beragam kesulitan dalam pembangunannya, Rudiantara memastikan proses pembangunan Backbone internet palapa ring akan selesai pada pertengahan tahun ini.

BACA JUGA  Kemendagri Mutakhirkan Database Dukung Tiga DOB Papua

Editor: HANS BISAY

Komentar