oleh

Target 4 Emas, POBSI Usul TC di DIY

PORT NUMBAY- Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Papua, Natalis Tabuni,S.S,M.Si menargetkan atletnya meraih 4 medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Tanah Papua. “Kita targetkan 4 medali emas di PON 2020. Minimal kita mempertahankan 2 medali emas yang berhasil kita dapatkan di PON Jawa Barat,”ungkapnya.

Untuk meraih target tersebut, POBSI mengusulkan kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua untuk memfasilitasi atlet Billiar menjalani pemusatan latihan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Dipilihnya Yogyakarta sebagai tempat Trainning Center (TC) terpusat karena daerah tersebut memiliki fasilitas latihan yang lengkap dan berbiaya murah. Dan juga atlet-atlet Billiard Papua mudah mendapatkan lawan tanding.
“Kami harapkan usulan kami di terima KONI. Kami usulkan di Jogja alasannya disana fasilitas lengkapnya. Di Jogja biayanya lebih murah di bandingkan Jayapura,”tambah Agus Fakaubun,SE, Sekretaris Umum (Sekum) POBSI Papua, dalam keterangan pers di Jayapura .
Menurutnya, dengan terkonsetrasinya atlet Billiard Papua di Jogya maka mereka mudah mendapatkan lawan tanding dan leluasa mengikuti turnamen-turnamen di pulau Jawa.

M Faisal Atlet Yunior Papua Berhasil Meraih Juara Pertama di turnamen Billiar HIPSI Solo Jateng

“Di Jogya banyak lawan tanding dan banyak turnamen di sana. Kalau kita mau ke Jakarta, Surabaya biayanya murah. Apalagi setiap bulan ada turnamen di pulau Jawa. Jadi harapkan, kami lakukan TC di Jogya,”bilang Agus.
Lebih lanjut kata Agus, atlet Billiar Papua saat ini sedang menjalani TC berjalan di pulau Jawa. Mereka secara mandiri membiayai latihan. Para atlet juga sedang mengikuti turnamen-turnamen lokal di Jogya dan Jakarta hingga turnamen di Malaysia.”Jadi masing-masing atlet kita latihan, kemudian mereka ikut serta di beberapa turnamen,” katanya.
Dia menginformasikan dari keikutsertaan atlet Papua di turnamen-turnamen lokal bahkan di Malaysia berbuah hasil yang menggembirakan. Antara lain atlet atas nama Hamka yang bermain bagus di Malaysia sampai di babak 8 besar. Kemudian atas nama Barhain berhasil tembus DB Asia Jogja Open di 16 besar.
“Ada juga atlet kita atas nama M. Faisal bulan lalu dia juara dua di Jogja dan kemarin dia berhasil Juara 1 di Solo pertandingan handicap bola 9 . Dia mengalahkan atlet andalan dari Jogja, jadi kami harapkan TC terpusat segera kita mulai agar mereka lebih fokus lagi ke persiapan PON,” jelasnya.

Editor: HANS BISAY

Komentar

News Feed