oleh

Ini 47 Cabor Yang Dipertandingkan di PON XX

JAYAPURA- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memutuskan Cabang Olahraga (Cabor) Hand Ball (Bola Tangan) sebagai salah Cabor yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Tanah Papua. Dengan penambahan ini maka jumlah Cabor yang dilombakan di PON sebanyak 47 Cabor.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno kepada pers usai menghadiri Diskusi Olahraga Menuju PON XX dan Peparnas XVI 2020 di Papua,Senin pagi (08/4/2019) di Ballroom Swiss Bell Hotel Jayapura.
Menurut Suwarno, sesuai Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Papua diputuskan 45 Cabor yang dipertandingkan. Namun dalam pembahasan antara KONI Pusat, KONI Papua telah disepakati bersama penambahan dua cabang olahraga, yaitu Panjat Tebing dan Handball (Bola Tangan). “Dengan demikian Cabor yang dipertandingkan sudah final ada 47 cabor dan 768 nomor pertandingan di PON XX tahun 2020 di Papua,” katanya.

Lanjut Suwarno, Surat Keputusan (SK) penetapan 47 Cabor PON XX sudah ada dan dalam waktu dekat akan diedarkan ke seluruh KONI Se-Indonesia untuk menjadi acuan persiapan menuju PON di Papua.
Sementara itu, Sekertaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya,SP.M.Si kepada pers mengaku KONI Papua awalnya berpatokan pada hasil RAT yang menyepakati 45 Cabor. Namun dalam perkembangnya, KONI Pusat menambah 2 Cabor sehingga dalam rapat koordinasi diputuskan 47 Cabor.“Kita sebenarnya pertahankan 45 cabor, tetapi KONI Pusat berkoodinasi dengan Kementerian terkait, maka ada penambahan cabor Panjat Tebing dan Bola Tangan,”bilang Kenius.
Sekum KONI dengan penambahan ini maka koordinasi antara KONI, Kementerian terkait dan Pemerintah Provinsi Papua perlu dilakukan segera untuk menyiapkan venue tempat pertandingan kedua Cabor tersebut.
Cabor-cabor yang akan doipertandingkan di PON XX tahun 2020 Papua antara lain Cabor Aero Sport, Renang, Anggar, PABBSI (Angkat Besi, ANgkat Berat dan Binaraga), Balap Sepeda, Baseball/Softball, Billiar, Bermotor (IMI), Bola Basket, Bola Volly, Bulu Tangkis, Bola Tangan, Catur, Cricket, Dansa, Dayung, Gateball, Golf, Gulat, Hoki, Judo, Karate, Kempo, Layar, Menembak, Muaythai, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Pentaque, Rugby, Selam, Senam, Sepakbola Futsal, Sepak Takraw, Sepatu Roda, Ski Air, Soft Tenis, Taekwondo, Tarung Drajat, Tenis, Tenis Meja, Tarung Drajat, Tinju, Woodball dan Wushu.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Tanggapi Masalah Gubernur Enembe, Ini Pernyataannya

Editor: HANS BISAY

Komentar