Presiden Bertolak ke Sorong

SENTANI- Pasca meninjau korban dan lokasi banjir bandang di Sentani Kabupaten Jayapura, Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi beserta rombongan, Senin malam (01/4/2019) pukul 20:00 berangkat menuju Sorong Provinsi Papua Barat menggunakan pesawat kepresidenan Boeing 737-800 BBJ2/A-001 yang dipiloti Letkol Pnb Noto Casnoto Fligt No IDAF-01.

Sejumlah pejabat turut serta mengantar keberangkatan Presiden ke Sorong diantaranya Menteri PUPR , M Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan A Jalil, Letnan Jendral Doni Monardo Kepala BNPB, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP.MH, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin Siregar,Sekda Papua Herry Dosinaen, Bupati Jayapura,Mathius, Awaitouw, Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano, Rektor Uncen, Apolo Safanpo dan tokoh-tokoh agama dan adat.

Dalam lawatannya ke Sorong, Presiden didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anum. Orang nomor satu di Indonesia itu dijadwalkan bertemu dengan pemerintah setempat dan sekaligus bertemu Tim Kampanye Daerah (TKD). Jokowi dijadwalkan menggelar kampanye terbuka di di Aimas Convention Center Sorong.
Sebelum bertolak ke Sorong, Jokowi bertemu dengan Tim Kampanye Daerah (TKD) Papua yang berlangsung di Swiss Bell Hotel, Kota Jayapura. Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 itu menargetkan menang telak di Provinsi Papua pada Pilpres 2019. Jokowi ingin perolehan suaranya mencapai 85 persen.
Jokowi mengatakan pada Pilpres 2014 dirinya bersama Jusuf Kalla (JK) memperoleh suara cukup besar di Papua. Kala itu, Jokowi-JK yang berhadapan dengan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menang dengan perolehan suara 72,4 persen.
Dukungan masyarakat Papua untuk pasangan Jokowi-Maaruf diyakini meningkat dikarenakan mendapat dukungan dari para pemimpin di Papua. Sebelumnya Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP.MH menegaskan dukungannya kepada Jokowi di Pilpres 2019. Enembe dan para bupati se-Papua sepakat mendukung kembali Jokowi karena program-program pembangunan dari Jokowi terbukti. Salah satunya adalah pembangunan infrastuktur jalan dan jembatan.
Pembangunan jalan trans Papua di kepemimpinan Presiden Jokowi telah menghubungkan sebagian besar kabupaten-kabupaten di kawasangan pegunungan Papua.
Presiden Jokowi, kata Enembe, juga membantu mewujudkan Pemprov Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 dengan mengucurkan anggaran yang besar melalui Instruksi Presiden (Inpres) untuk membangunan venue-venue PON XX.

Editor: HANS BISAY

Komentar