oleh

Rektor Uncen Siap Jadi Panelis

JAYAPURA- Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T.,M.T mengaku siap mengemban tugas dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) sebagai panelis dalam debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) tanggal 30 Maret 2019 nanti.

“Kita siap jadi panelis karena diberikan kepercayaan dalam tim panelis yang akan mempersiapkan materi debat Capres dan Cawapres tanggal 30 Maret 2019 nanti. Ini adalah kepercayaan dan kesempatan. Kami siap melaksanakan amanat,”ungkap Rektor Apolo saat ditemui usai Upacara Akademik Wisuda Periode I tahun 2018/2019 Uncen Jayapura, Selasa (26/3/2019) di Auditorium Uncen Abepura.
Rektor mengaku terpilihnya dirinya dalam debat Capres dan Cawapres tersebut merupakan kebanggaan tersendiri dan masyarakat Papua pada umumnya. Pasalnya, dari 4700 perguruan tinggi di Indonesia dan 114 perguruan tinggi negeri se tanah air, Uncen menjadi salah satu yang dipilih.

“Ada kebanggaan tersendiri karena di Indonesia ada 4700 perguruan tinggi dan 114 yang Perguruan Tinggi Negeri. Dan hanya dua perguruan tinggi yang diberikan kesempatan bagi rektornya untuk menjadi panelis. Salah satunya adalah Rektor Uncen. kita bangga dan berterima kasih,”katanya.
Dalam surat KPU RI nomor nomor 521/PL.02.4-SD/06/KPU/III/2019, perihal Permohonan Kesedian Menjadi Panelis Debat Keempat pada Pemilu Tahun 2019, memohon kesedian Rektor Uncen Jayapura, menjadi panelis pada debat Keempat Capres dan Cawapres yang akan digelar pada tanggal 30 Maret 2019 di Jakarta dengan tema Tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan, dan Keamanan serta Hubungan Internasional.
Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T.,M.T bersama Direktur Eksekutif Imparsial, Al Araf mendapat materi debat tentang Keamanan dan Pertahanan (Hankam). Sedangkan tema ideologi diberikan kepada panelis atas nama Prof DR Zakiyuddin, M.Ag Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga dan Dr J Haryatmoko SJ Akademisi/pengajar Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)
Tema pemerintahan, panelisnya atas nama Dekan Fisip Universitas Gadjah Mada, Dr Erwan Agus Purwanto M Si dan Akademisi/pengajar departemen ilmu politik, Fisip UI, Dr Valina Singka Subekti M Si serta Sekjen Transparency International Indonesia, Dadang Tri Sasongko.
Untuk tema Hubungan Internasional, panelisnya adalah Akademisi/Pengajar HI Fisip Unair dan Direktur Centre for Strategic and Global Studies/CSGS, Drs I Basis Eko Soesilo MA dan Akademisi/Pengajar Fisip UI, Dr Kusnanto Anggoro.

BACA JUGA  Jakarta Stop Tipu Papua, Dana Otsus Tra Sampe 1000 Triliun

Editor: MOSCHE CL

Komentar