Atlet Panah Papua Sabet 3 Emas dan 1 Perunggu

JAKARTA- Atlet panahan Papua berhasil menyabet tiga medali emas dan satu medali perunggu pada Kejuaraan Panahan bertajuk “Marinir Open Archery Dankormar Cup 2019” yang berlangsung di lapangan tembak Marinir Jusman Puger Cilandak Jakarta Selatan dari tanggal 31 Januari 2019 -3 Februari 2019.

Catur Wuri Adi N Saat Foto Bersama Usai Pengalungan Medali. Catur meraih medali perunggu bagi kontingen Papua pada Kejuaraan Panahan Marinir Open

Tiga medali emas untuk kontingen Papua itu dipersembahkan Rezza Octavia dinomor Aduan Perorangan (Eliminasi Aduan), Divisi Recurve Putri Kualifikasi (Kualifikasi Perorangan), dan Beregu Recurve Putri.
“Papua mendapat 3 medali emas dan satu perunggu atas nama Rezza Octavia dan Catur Wuri. Rezza dapat medali emas di nomor Kualifikasi perorangan, Beregu Recuv putri dan Eliminasi Aduan,”ungkap Wakil Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Papua, Hengki F Sawaki yang dihubungi via sambungan telepon Minggu 3/02/2018)
Hengki menambahkan untuk medali perunggu diraih Catur Wuri Adi N yang turun dinomor Coupond putra. Sedangkan atlet Papua lainnya atas nama Aditya Purohito yang turun di nomor yang sama berada di rangking 5.“ Untuk nomor coupond putra, dua atlet Papua berada di urutan tiga dan lima atas nama Catur Wuri Adi N meraih medali perunggu sedangkan Aditya di peringkat 5,”katanya.
Lebih lanjut Hengki menjelaskan bahwa tim Panahan Papua yang diturunkan pada Kejuaraan Marinir Open Archery Dankormar Cup 2019 diwakili 3 atlet terdiri dari 2 atlet putra atas nama Catur Wuri Adi N dan Aditya Purohito. Dan 1 atlet putri atas nama Rezza Octavia.
Ketiganya dipersiapkan untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Bumi Cenderawasih.“Usai mengikuti kejuaraan mereka akan menjalani tes fisik dan kesehatan di Malang dan Solo,”ujar Hengki.
Menurutnya, menjelang PON XX Perpani Papua dalam waktu dekat menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) sebagai ajang seleksi atlet panahan untuk memenuhi kuota kontingen Papua sebanyak 30 atlet. Saat ini, atlet Papua yang sudah siap berjumlah 7 atlet. “Kita harapkan dalam seleksi daerah (Selekda) nanti dijaring atlet-atlet terbaik sehingga nantinya terdapat 30 atlet yang kita persiapkan mengikuti trainning center (TC) jelang PON,”tambahnya.
Hengki menginformasikan dari 15 nomor yang dipertandingkan pada PON XX, Perpani Papua mengusulkan tambahan 2 nomor yakni nomor eliminasi putra dan putri. Dengan demikian pada PON XX terdapat 17 nomor pertandingan. “Dua nomor yang kita usulkan merupakan nomor andalan kita,”tandasnya.
Kejuaraan Panahan bertajuk “Marinir Open Archery Dankormar Cup 2019 dibuka secara resmi Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Widodo DP mewakili Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han) di lapangan tembak Marinir Jusman Puger Cilandak Jakarta Selatan, Kamis (31/01/2019).
Kejuaraan ini diikuti 530 peserta peroranggan dan 72 peserta beregu yang beranggotakan 3 orang tiap regunya dari 50 Club Panahan pengurus cabang dan pengurus Provinsi seluruh Indonesia.

Editor: HANS BISAY