oleh

SIWO PWI Dukung PON Papua

JAKARTA- Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) mengapresiasi upaya dan langkah-langkah strategis yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Papua guna mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di Bumi Cenderawasih.

Hal itu dikemukakan Abdul Munib,Penanggung Jawab SIWO PWI Pusat dalam keterangan persnya, Jumat (23/11/2018) di Jakarta. Menurutnya, perhelatan PON dan Peparnas di Papua tak sebatas prestasi dan pembangunan venue semata namun lebih dari itu adalah PON sebagai momentun bagi pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan di Tanah Papua.
“Kalau perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) itu sebatas dapat medali banyak dan buat sarana olahraga alias venue, itu hal biasa. Persoalannya cukup ada dana kemudian kontrak dengan pihak ketiga dan selesai masalah. Namun Persoalan Papua adalah faktor ketertinggalan,”ujarnya.
Faktor ini tidak muncul saat PON diselenggarakan di daerah lain seperti Jawa Barat kemarin misalnya. Sarana akomodasi dan ruas jalan disana mencukupi. “Sedangkan kita di Papua, Perhotelan di belum memadai termasuk ruas jalan terbatas.”
Dikemukakan Munib, faktor ketertinggalan di Papua lebih banyak disebabkan political will rezim pusat masa lalu yang tidak membangun Papua seperti membangun daerah bagian barat yang kini sudah maju.
Oleh karena itu, menurutnya, Road Show PON yang dilakukan Pemerintah Provinsi Papua ke sejumlah kementerian dan pihak terkait menindaklanjuti pertemuan Bogor antara Presiden Jokowi dan Gubernur Papua patut didukung. “Inpres tentang PON XX dan Peparnas XVI tahun 2020 dan agenda Road Show tidak lain untuk mencari solusi faktor ketertinggalan itu,”tuturnya.
Dia kembali mengatakan faktor ketertinggalan terjadi disebabkan puluhan tahun kebijakan rezim lama yang tak berpihak pada Papua, “Akibatnya baru kita rasakan sekarang. Namun bagaimanapun banyaknya faktor ketertinggalan, dengan keseriusan Pemerintah Pusat dan Papua pasti ada jalan keluar,”tandas Abdul Munib.
Untuk diketahui, Pemprov Papua sejak akhir Oktober menggela Road Show dalam rangka suksesi penyelenggaraan PON dan Peparnas di Papua. Sejumlah kementerian yang sudah dikunjungi dan mendapat dukungan antara lain Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI), Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Road Show PON dipimpin langsung Gubernur Papua, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal,SE,MM, Ketua DPRP Dr. Yunus Wonda, Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, TEA Hery Dosinaen,S.IP.MKP, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum, Doren Wakerkwa,SH, Asisten II Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Umum, Dr. Ir. Noak Kapisa, Asisten, Kepala Bapeda,Dr. M Mus’aad, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Drs. Daud Ngabalin Kepala Dinas PUPR,Girius O Yoman,S.pd, M.Si, kepala Biro Umum Emi Enembe,S.IP, Kepala Biro Humas dan Protokoler Israil Ilolu,SE.M.Si, Kepala Penghubung Daerah Papua di Jakarta, Alex Kapisa,ST, Kadis Kominfo Kansiana Salle dan Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP,M.Si dan lainnya.

BACA JUGA  Pengurus KONI Kabupaten Jayapura Dilantik

Editor: HANS BISAY

Komentar