oleh

Kadisorda: Lahan Venue Hockey Aman

Jakarta- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Plt Kadisorda) Provinsi Papua, Drs. Daud Ngabalin memastikan lokasi pembangunan venue Cabang Olahraga (Cabor) Hockey di Kabupaten Biak Numfor aman dan tidak bermasalah. Lokasi venue yang berada di kompleks Pusat Pendidikan Guru (PPG) Petrus Kafiar Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua itu juga strategis karena berada di dalam Kota Biak Numfor.
“Venue Hockey akan dibangun di Kompleks Petrus Kafiar letaknya didalam Kota Biak dan sangat mudah dijangkau. Lokasi dan tanahnya tidak ada masalah. Makanya kita optimis venuenya segera dibangun,”ungkap Ngabalin di Hotel Pullman Jakarta.
Lebih lanjut Kadisorda mengatakan pembangunan venue Hockey di Biak Numfor bertujuan untuk mendukung pembinaan jangka panjang Cabor Hockey kedepan dan telah mendapat persetujuan bersama antara Pemerintah Provinsi Papua, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Pengurus Besar (PB) PON XX dan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor. “Pembangunan venuenya segera dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),”kata Ngabalin.
Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP,MH usai pertemuan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr.Ir.Hadi Muljono di kantor PUPR, Selasa (30/10/2018) mengatakan pembangunan venue Hockey di Kabupaten Biak Numfor selain untuk menyukseskan PON XX, pembangunannya bertujuan untuk pembinaan prestasi jangka panjang. Pasalnya, selama ini atlet-atlet Hockey Papua telah berkontribusi dalam membela nama daerah maupun nama Indonesia dalam iven iven bergengsi seperti Sea Games, Asian Games dan iven internasional lainnya.
“Bapak Menteri, pembangunan venue Hockey di Biak karena selama ini pembinaan atlet-atlet Hockey dilakukan disana dan atletnya membela nama daerah dan negara,”ungkap Gubernur usai pertemuan dengan Menteri PUPR.
Sementara itu Menteri PUPR Dr.Ir Hadi Muljono kepada pers mengatakan kementeriannya siap mendukung pembangunan venue PON XX termasuk pembangunan venue Hockey. Sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres)1 nomor 10 tahun 2017 tentang dukungan penyelenggaraan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di Bumi Cenderawasih, pembangunan venue yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) antara lain venue Aquatic, Istora, Kriket dan Velodrome.
Ditempat yang sama Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya, SP.M.Si mengapresiasi dukungan Menteri PUPR dan Gubernur Papua yang menyepakati pembangunan venue Hockey di Biak Numfor.
Menurutnya, kesepakatan tersebut merupakan langkah kongkrit untuk pembinaan atlet Papua kedepan. “KONI Papua menyambut baik pembangunan venue Hockey di Biak. Karena pembinaan dapat berkelanjutan dan tentunya melahirkan atlet-atlet terbaik,” ungkap Kogoya.

BACA JUGA  Sakit, Gubernur Enembe Belum Bisa Keluar Rumah, 40 Orang Siap Mati

Editor: HANS AL

Komentar