Awas Gagal Panen Lagi

JAYAPURA- Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ketahanan pangan di provinsi, kabupaten dan kota di Papua diinstruksikan untuk mengambil langkah-langkah proaktif dan merumuskan solusi guna mencegah peristiwa gagal panen akibat hujan es seperti yang berdampak pada bencana kelaparan maupun gizi buruk.
Demikian ditegaskan Sekretaris Daerah Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen,S.IP,MKP disela-sela Forum SKPD Dinas Ketahanan Papua Dalam Rangka Sinkronisasi Program Dan Kegiatan 2018, Senin (19/3/2018), di Jayapura.
Sekda mewarning seluruh SKPD Ketahanan Pangan se-Papua agar mampu mencari solusi dan melakukan hal yang terintegrasi dengan program pemetaan ketahanan pangan di seluruh Tanah Papua.
“Melalui kegiatan ini diharapkan ada kesinambungan program kerja bidang ketahanan pangan. Sebab kita sendiri menyadari bahwa kesinambungan program kerja antar tingkat pemerintahan, menjadi kunci keberhasilan dari pembangunan ketahanan pangan di provinsi ini,” ujarnya.
Dia juga berharap SKPD ketahanan pangan, dapat merumuskan kebijakan dengan mengacu pada visi misi Papua bangkit mandiri dan Sejahtera. Dengan demikian, masyarakat dapat hidup layak tanpa kekurangan.
Merespon permintaan Sekda Papua, Kepala Dinas Ketanahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Papua, Ir.Robert Eddy Purwoko menyatakan melalui apat forum SKPD tersebut, pihaknya mendorong sinkronisasi program maupun kegiatan didalam kelembagaan ketahanan pangan. Sehingga kedepan semua SKPD ketahanan pangan di Papua mampu bersinergi dalam program kegiatan untuk bagaimana bisa mengatasi daerah-daerah yang rentang terhadap kerawanan pangan.
Editor: HANS BISAY