Sektor Ini Sumbang PAD Kota Jayapura Milliaran Rupiah

JAYAPURA- Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan sektor jasa dan perdagangan memberikan kontribusi terbesar pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jayapura. Dari sektor ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura memperoleh PAD sebesar Rp350 Milliar
“Kota Jayapura tidak sama seperti Timika yang memiliki hasil emas tambang.Kita hanya mengandalkan sektor jasa dan perdagangan. PAD Kota Jayapura mencapai Rp350 miliar hanya dari sektor jasa dan perdagangan,”ungkap Wali Kota Mano saat meresmikan Toko Bangunan Trinity Home, di Kotaraja Distrik Abepura, Sabtu (02/9/2017)
Untuk meningkatkan PAD Kota Jayapura, kata Mano, pemerintah kota melakukan berbagai terobosan. Seperti pembebasan pajak selama 6 bulan bagi investor. “Jika ada hotel yang baru dibangun, pemerintah membebaskan pajak hingga 6 bulan, hal itu dilakukan untuk memperpendek semua ijin di Kota Jayapura sehingga PAD Kota Jayapura naik mencapai 153 miliar,”katanya.
Wali Kota menjelaskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Jayapura sebesar Rp1,4 trilliun. Dan untuk menaikkan pendapatan daerah, Pemkot memberikan berbagai kemudahan untuk menarik investor guna menambah PAD.
Pembuatan perijinan untuk usaha juga dipermudah denganpenerapan sistem online serta pembentukan Badan Perijinan Terpadu Satu Pintu.“Intinya kita berikan kemudahan kepada pengusaha,”ujarnya.
Mano mengatakan Kota Jayapura merupakan pusat perekonomian di Tanah Papua dan penyuplai seluruh bahan makanan, bangunan dan kebutuhan lainnya untuk sejumlah daerah seperti Kabupaten Kerom, Kabupaten Jayapura, Sarmi dan kabupaten-kabupaten di Pegunungan Papua.
Mano mengakui dengan situasi keamanan yang kondusif, pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kota Jayapura cukup tinggi. Hal itu dapat dilihat dari hadirnya pusat-pusat pembelanjaaan, hotel, cafe dan restoran.

Editor: LEPIANUS KOGOYA

Komentar