Suzuki Tersenyum Ditengah Capaian Penjualan Bulan Juli 2025

JAKARTA | Mengawali paruh kedua tahun 2025 dengan gebrakan, Suzuki Fronx sukses menjadi bintang baru yang memicu lonjakan penjualan di pasar otomotif nasional.

Hanya tiga bulan sejak peluncurannya, SUV bergaya coupe ini langsung membuktikan dominasi pada segmennya.

Suzuki Fronx menyumbang 28 persen dari total penjualan ritel Suzuki dan menguasai segmen mobil penumpang dengan porsi 47 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa model tersebut tidak hanya sekadar produk baru, tetapi juga menjadi salah satu pilar utama dalam strategi penjualan Suzuki di Indonesia.

Selain menawarkan desain menawan, Suzuki Fronx juga berhasil memikat konsumen cerdas berkat keunggulan teknologi hybrid-nya.

Terbukti, 89 persen dari unit yang terjual merupakan model hybrid, suatu kondisi penggambaran berlangsungnya kesadaran publik akan pentingnya efisiensi bahan bakar dan dampak lingkungan. Dalam waktu singkat, Suzuki Fronx langsung menjadi motor penggerak utama penjualan keseluruhan hybrid Suzuki, memimpin dengan porsi 62 persen

“Pencapaian penjualan ritel Suzuki Juli lalu adalah bukti nyata dari strategi produk kami yang tepat sasaran dan keberanian dalam menghadirkan inovasi,” ujar Randy R. Murdoko, Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

“Suzuki Fronx membuktikan bahwa kami tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga memimpinnya. Kami sangat optimistis momentum positif ini akan terus berlanjut,” tambah Randy.

Keberhasilan Suzuki Fronx juga mencuat di ajang GIIAS 2025 sebagai penyumbang penjualan terbesar Suzuki dengan porsi 38% dari total unit terjual.

Prestasi tersebut kian lengkap lewat raihan penghargaan Favorite Passenger Car Crossover, yang menjadi validasi langsung dari apresiasi konsumen.

Penghargaan tersebut menjadi kebanggaan bagi Suzuki, sekaligus menunjukkan bahwa konsumen menghargai inovasi dan kualitas yang ditawarkan oleh Suzuki Fronx.

Berkat dorongan kuat dari Suzuki Fronx, total penjualan ritel Suzuki naik 20 persen dari bulan sebelumnya, menembus batas di atas 5.500 unit.

Selain itu, pertumbuhan juga dirasakan pada berbagai lini produk. Kategori mobil penumpang melonjak 17 persen, sehingga sanggup membulatkan kontribusi sebesar 60 persen secara keseluruhan. Sementara kategori mobil komersial turut meroket 26 persen lewat kepercayaan konsumen terhadap performa tangguh New Carry.

Kombinasi tersebut semakin memperkuat posisi Suzuki, menempati peringkat 3 besar di pasar otomotif nasional pada periode Juli 2025.

Sejalan dengan komitmen Suzuki menuju netralitas karbon melalui strategi multi-pathway, kinerja kendaraan ramah lingkungan semakin menonjol. Sepanjang Juli 2025, model hybrid menyumbang 68 persen dari total penjualan ritel segmen mobil penumpang Suzuki.

Angka ini mencerminkan kepercayaan konsumen terhadap teknologi ramah lingkungan Suzuki yang menghadirkan efisiensi bahan bakar signifikan tanpa mengorbankan performa.

Dengan laju pertumbuhan konsisten, Suzuki optimis mampu mempertahankan tren positif ini di sisa tahun 2025. Fokus pada pengembangan kendaraan ramah lingkungan, penawaran produk yang beragam, serta layanan purnajual semakin baik akan menjadi strategi utama untuk memperkuat posisi Suzuki di Indonesia.

“Ke depan, kami akan terus memperluas pendekatan kepada masyarakat, serta menyediakan benefit penjualan sesuai kebutuhan konsumen di seluruh Indonesia. Langkah tersebut akan berjalan beriringan dengan semangat mempopulerkan kendaraan lebih ramah lingkungan, seperti lini hybrid Suzuki,” tutup Randy.

Editor | TIM | PAPUA GROUP

Komentar