Jenderal TNI Dudung Abdurachman Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

JAKARTA | PAPUA TIMES- Direktur Hukum TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn., mendampingi Prof. Dr. A.M. Hendro Priyono, S.T., S.H., M.H. selaku Ketua Senat Dewan Guru Besar Sekolah Tinggi Hukum Militer Ditkumad dalam rangka Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Jenderal TNI Prof. Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. sebagai Guru Besar Sekolah Tinggi Hukum Militer “AHM-PTHM” Ditkumad bertempat di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (7/112023).

Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Jenderal TNI Prof. Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. sebagai Guru Besar Sekolah Tinggi Hukum Militer “AHM-PTHM” Ditkumad dihadiri Koorsahli Kasad Letjen TNI I Nyoman Cantiasa yang mewakili Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Korsahli Kasad, Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan, dengan gelar yang disandangnya sekarang, maka Jenderal TNI Prof. Dr. Dudung Abdurachman, S.E., S.H. telah menorehkan sejarah lahirnya seorang Guru Besar di STHM dan bahkan yang pertama kali seorang Militer Aktif dari TNI AD yang menyandang gelar Profesor.

Dalam Orasi Ilmiah yang dibawakan oleh Prof. Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dengan judul, “Pengaruh Geopolitik Dan Geostrategi Pada Penguatan Kepemimpinan TNI Angkatan Darat Dalam Mewujudkan Visi Ketahanan Nasional” menyampaikan bahwa dunia telah memasuki fase perubahan yang begitu dinamis dalam segala aspek, seperti pada aspek politik, ekonomi, pertahanan, keamanan, kemanusiaan dan teknologi. Bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia tidak lepas dari proses perubahan menuju tatanan dunia baru tersebut, yang sangat potensial sekaligus menantang.

“Melalui corak baru kepemimpinan TNI Angkatan Darat yang mengedepankan kolaborasi, kemanusiaan, ekologi dan Humility yang diterapkan dalam kerangka green human resources management yang handal, maka kepemimpinan tersebut akan dapat diperkuat dan berkontribusi dalam mewujudkan visi ketahanan nasional yang tangguh, “ ujar Jenderal TNI dudng Abdurachman dalam orasi Ilmiahnya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 62993/M/07/2023 Tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen, Tertanggal 23 Oktober 2023, maka secara resmi Jenderal Dudung menyandang Gelar sebagai Profesor dalam bidang ilmu Manajemen Strategis.

Turut hadir dalam rombongan para Guru Besar, Direktur Hukum Angkatan Darat (Dirkumad), Brigjen TNI Dr.Ateng Karsoma, S.H., M.Kn., Ketua STHM, Brigjen TNI Dr. M. Ali Ridho, S.H., M.Hum. (Dispenad)

Editor | PAPUA GROUP