Wagub Ajak Masyarakat Rajin Cuci Tangan

JAYAPURA|PAPUA TIMES- Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal,SE.MM kembali mengajak masyarakat agar rajin mencuci tangan dan mentaati protokol kesehatan dimasa pandemic Virus Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Tangan bisa menjadi sumber kuman, bakteri dan virus jika kita tidak menjaga serta mencuci tangan secara teratur.“Kalau kita rajin cuci tangan pasti terhindar dari penyakit. Dan cucilah tangan pakai sabun supaya kita terhindar dari kuman, virus atau bakteri,”ajak Klemen Tinal (KT)

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Wagub mengatakan peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober tahun ini hendaknya menjadi momentum bagi semua masyarakat Papua untuk rajin cuci tangan agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

“Tak hanya Covid, sekali lagi tangan kalau tidak dibersihakan dengan baik bisa membawa sumber penyakit lainnya. Diantaranya diare, cacingan, malaria. Nah kalau dibiarkan maka segala penyakit ini bisa mengancam semua pihak dan generasi penerus bangsa di Papua,”katanya.

Dia tambahkan, upaya menjaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun diharapkan tidak kendor.

Wagub pun meminta masyarakat agar disiplin memakai masker dan menjaga jarak guna menghindari Covid yang saat ini penularannya cukup signifikan. “Yang pasti cuci tangan ini adalah hal yang sederhana. Tapi dari hal yang sederhana ini dia bisa menyelamatkan diri sendiri tetapi juga semua orang,” pungkas ia.

Hari Cuci Tangan dicetuskan tanggal 15 Oktober pada tahun 2008 oleh Global Handwashing Partnership berkenaan dengan minimnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan.

Editor|EDWIN RIQUEN