Papua Komit Sukseskan Sail Teluk Cenderawasih 2023

JAKARTA | PAPUA TIMES- Pemerintah Provinsi Papua berkomitmen menyukseskan Sail Teluk Cenderawsih (STC) 2023, untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan masyarakat Papua.

STC 2023 yang berlangsung di empat kabupaten yakni Biak Numfor, Waropen, Sarmi, dan Kepulauan Yapen, akan menjadi acara yang unik dan berbeda.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Hal tersebut disampaikan pelaksana harian (Plh) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun, yang diwakili oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Papua, Suzana Wanggai, dalam Peluncuran atau Launching STC 2023 di Gedung Sarinah Lantai 2, Jalan MH Thamrin Nomor 11, Jakarta Pusat, Jumat (3/2/2023).

“Kami serius untuk menggelar STC 2023 dan akan kami tunjukkan ke dunia internasional bahwa event itu merupakan karya masyarakat Papua,” kata Suzana.

Menurut Suzana, pihaknya mengharapkan melalui STC 2023 dapat berdampak terhadap perekonomian dan lingkungan di Papua.”Nantinya STC 2023 tidak sebatas seremonial saja,” katanya.

Sementara itu, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap optimistis dengan STC 2023 dapat mewujudkan kedaulatan ekonomi di Papua.”STC 2023 tidak hanya seremoni tapi dapat menjadi sumbu ekonomi di Pasifik,” katanya.

Herry menambahkan, pihaknya menargetkan dapat mengekspor tuna dan kepiting.
Dalam launching STC 2023 itu dihadiri antara lain Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B.Panjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Selain itu, Launching STC 2023 juga dimeriahkan dengan Tari Balada Cenderawasih. Tema yang diusung dalam STC 2023 yakni “Memperkuat Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik”.

Editor | TIM

Keterangan Foto: Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Papua Suzana Wanggai, dalam Launching STC 2023 di Gedung Sarinah Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (3/2/2023). Foto: InfoPublik/Amiry Yandi