Festival Danau Sentani Resmi Dibuka

SENTANI | PAPUA TIMES- Para penonton Festival Danau Sentani di kawasan Pantai Khalkote, Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua terpukau oleh penampilan ratusan penari yang menarikan tarian di atas air bernama Isosolo.

Ratusan penari itu terbagi atas puluhan perahu hias yang masing-masing berisi puluhan orang laki-laki, perempuan, hingga anak-anak dengan memakai pakaian adat tradisional Papua.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Tarian di atas air atau yang dikenal dalam Bahasa lokal di sini yaitu Isosolo, menjadi satu pertunjukan dan tontonan sangat menarik dan memukau semua yang datang kesini,” ujar Asisten III Bupati Jayapura Timothius J Demetouw, mewakili Bupati Jayapura, saat membuta Festival Danau Sentani ke-13 di kawasan Pantai Khalkote, Kabupaten Jayapura, pada Selasa (25/10/2022).

Para penonton yang hadir dalam acara pembukaan itu sontak berkumpul ke pinggir dermaga Pantai Khalkote untuk menyaksikan perahu-perahu yang berdatangan membawa penari Isosolo dari pulau di tengah Danau Sentani.

Tak jarang para penonton dan petugas keamanan yang ada di lokasi mengabadikan festival tahunan yang sedianya digelar pada 19-23 Juni setiap tahun ini dengan mengambil foto atau video melalui gawai masing-masing.

Menurut Timothius, Bupati Jayapura selaku Ketua Umum Panitia Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI menyatukan kegiatan Festival Danau Sentani dan Kebangkitan Masyarakat Adat yang ke sembilan di wilayah Kabupaten Jayapura dengan acara kongres.

“Sehingga kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara itu dipadukan atau dirangkaikan dengan dua kegiatan besar yang menjadi kegiatan rutin di wilayah Kabupaten Jayapura, Bumi Kenambai Umbai,” tutur Timothy seperti dilansir infopublik.

Agenda wisata daerah, yang telah menjadi agenda wisata nasional dan internasional itu juga turut diramaikan oleh berbagai kegiatan seni, seperti penampilan penyanyi grup hingga tarian di panggung yang telah disiapkan.

Bahkan penyanyi grup akustik itu tampil sebagai pembuka acara festival Danau Sentani, sebelum dibuka secara resmi oleh Asisten III Bupati Jayapura, yang mewakili Bupati Jayapura karena tengah mengikuti saresehan KMAN VI di lokasi lain.

Selain menampilkan pertunjukan seni, Festival Danau Sentani yang akan digelar hingga 29 Oktober 2022 mendatang juga menampilkan berbagai hasil kerajinan masyarakat setempat, khususya Kabupaten Jayapura, seperti Noken, anyaman rotan, hingga makanan khas Papua.

“Untuk itu saya nyatakan Festival Danau Sentani dibuka dan terbuka untuk kita semua,” pungkasnya.

Editor | TIM

Komentar