Samuel Tabuni Mantap, Pelopori Kerjasama Pendidikan Papua-Israel

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Founder International University of Papua (IUP) Samuel Tabuni mempelopori kerjasama pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua dengan sejumlah universitas terbaik di dunia.

Salah satunya, Ariel University of Israel. Pada rabu, 19 Oktober 2022, bertempat di International Office Ariel University Israel, Samuel Tabuni disambut hangat petinggi Universitas Ariel yang dipimpin oleh Prof. Ronen A. Cohen Kepala Internatational Affairs Universitas Ariel Israel, dengan didampingi oleh Prof. Bobby Brown selaku Senior Vice President Office for Resource Development & External Relations, beserta sejumlah pejabat Universitas Ariel.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam kedua menyepakati kerjasama dalam bidang pendidikan, kebudayaan, penelitian. Termasuk pertukaran mahasiswa maupun pengajar yang rencananya akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Prof. Ronen A. Cohen selaku Kepala Hubungan Internasional, Ariel University of Israel dengan Samuel Tabuni, Founder IUP dan Yayasan Maga Edukasi Papua (YMEP).

Prof. Bobby Brown selaku Senior Vice President Office for Resource Development & External Relations of Ariel University of Israel menyerahkan cinderamata usai pertemuan kepada Samuel Tabuni selaku Founder IUP dan YMEP. (foto:IUP)

Samuel Tabuni mengatakan kerjasama ini merupakan usahanya membangun jejaring kerjasama seluas-luasnya baik di dalam maupun di luar negeri, guna memperkuat IUP sebagai universitas internasional pertama di Tanah Papua, dalam pengembangan SDM) Papua secara khusus dan Indonesia pada umumnya.

“Selain Ariel University of Israel kami (pimpinan IUP, pengurus Yayasan Maga Edukasi Papua) juga tengah menjejaki kerjasama dengan sejumlah universitas terbaik yang berada di Israel, termasuk Hebrew University of Jerusalem Israel tempat di mana saya menyelesaiakan Master studi saya dalam bidang sistem pendidikan Yahudi,”ungkap Samuel dalam siaran persnya, Minggu (23/10/2022).

Samuel menambahkan kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi di luar negeri telah dilakukan di berbaga negara, diantaranya kerjasama dengan sejumlah universitas yang berada di Amerika, maupun juga di Rusia.

“Yang mana sejak tahun 2019 telah menjadi mitra IUP melalui kerjasama dengan Papua Language Institute (PLI),”kata Samue yang saat ini tengah mengikuti proses persiapan studi S3 di Israel.

Ariel University berada di Samaria Israel merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Israel. Berdiri pada tahun 1982, kala itu Universitas Ariel masih berstatus sebagai salah satu perguruan tinggi nasional di Israel cabang regional Universitas Bar-Ilan.

Pada tahun ajaran 2004-2005 afiliasi dengan Universitas Bar-Ilan berakhir dan menjadi perguruan tinggi mandiri. Baru pada tanggal 17 Juli 2012, Dewan Pendidikan Tinggi di Yudea dan Samaria memilih untuk memberikan status universitas penuh kepada institusi tersebut.

Langkah ini dipuji oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Menteri Pendidikan Gideon Saar, Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman dan beberapa anggota Knesset, serta peraih Nobel Ekonomi Robert Aumann.

Editor | TIM

Komentar