Butuh Dana Rp23 M , Oktober Kawasan Olahraga Stadion Lukas Enembe Dibuka untuk Umum

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Mulai bulan Oktober 2022, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua membuka kawasan olahraga di Kampung Harapan untuk digunakan para atlet dan masyarakat umum.

Pemanfaatan fasilitas di kompleks stadion Lukas Enembe dan venue-venue eks Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berada di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura itu dimaksudkan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan sekaligus kontribusi untuk biaya pemeliharaan.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Alexander Kapisa,ST menyampaikan bahwa mulai 1 Oktober 2022 kawasan kampung harapan dan Gedung Olahraga (GOR) Cendrawasih Jayapura akan dibuka untuk umum.

“Pembukaan kawasan kampung harapan dan kawasan GOR Cendrawasih ini dimaksudkan agar masyarakat umum juga dapat memanfaatan kawasan dan fasilitas yang ada untuk beroalahraga dan bersantai, baik bersama keluarga, teman dan bersama komunitas-komunitas mereka” ungkapnya.

Dijelaskan Alex, berkaitan dengan tariff masuk ke dalam kawasan kampung harapan dan GOR Cendrawasih pemerintah daerah menetapkan tarif flat untuk kendaraan roda 2 dan roda 4 sekali masuk. “Untuk membantu biaya pemeliharaan kawasan, setelah melalui pembahasan dengan berbagai pihak maka ditetapkan bahwa tarif sekali masuk bagi roda 2 sebesar Rp. 5.000 dan Roda 4 sebesar Rp. 10.000”.

Lebih lanjut Alex menyampaikan bahwa biaya pemeliharaan kawasan kampung harapan termasuk seluruh venue yang ada setiap tahunnya dibutuhkan anggaran sebesar Rp 23 Milyar.

“Jadi dengan menetapkan tarif masuk bagi pengendara roda 2 dan roda 4 paling tidak akan memberikan kontribusi terhadap pemeliharaan kawasan ini,”ujarnya.

Hingga akhir September masih dilakukan uji coba pemanfaatan kawasan kampung harapan sebelum pengenaan tariff mulai diberlakukan pada hari sabtu 1 Oktober 2022.

Pasca pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI tahun 2021, Pemprov Papu melalui Dinas Olahraga dan Pemuda Papua terus berupaya agar venue-venue yang ada tetap dapat digunakan oleh atlit dan masyarakat umum.

Setelah memusatkan pembinaan olahraga pelajar di kawasan olahraga Doyo Baru, saat ini Dinas Olahraga dan Pemuda sedang menyiapkan pembukaan kawasan olaharaga kampung harapan untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Editor | HERMON K

Komentar