Kapolri Rotasi Perwira Tinggi di Papua

JAKARTA | PAPUA TIMES- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah kapolda dan merotasi sejumlah perwira tinggi (pati) dalam rangka penyegaran organisasi. Di antaranya Kapolda Papua Barat, Kapolda Lampung, Kapolda Gorontalo dan Wakapolda Papua.

Brigjen Pol. Rudi Eko Sudarto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Polda Papua mendapat jabatan baru sebagai Karojianstra Slog Mabes Polri.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Jabatan Wakapolda Polda Papua yang ditinggal Brigjen Eko Sudarto diisi Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Provos Divpropam Polri.

“Hari ini Pak Kapolri mengeluarkan surat telegram untuk jabatan kapolda, pati, pejabat utama di tingkat polda, kapolres, dan jabatan-jabatan penguatan lainnya,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Dedi menyebutkan, nama-nama kapolda yang dimutasi yakni Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing dimutasi menjadi Wairwasum Polri. Jabatan tersebut ditempati oleh Irjen Pol Daniel Tahi Silitonga.

Selanjutnya, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wijagus dimutasi menjadi Kapolda Lampung. Sedangkan Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno bakal ditempatkan keluar struktur di Kementerian Perhubungan.

Mutasi berikutnya Korsahli Kapolri Irjen Pol Helmy Santika bakal menempati posisi baru sebagai Kapolda Gorontalo.

“Ada tujuh surat telegram mutasi, cukup banyak termasuk telegram dalam rangka pensiun pati bintang dua, pati bintang satu, dan para perwira menengah yang pensiun, kombes-kombes pun dimasukkan dalam telegram mutasi pada hari ini,” kata Dedi.

Selain Wakapolda, Karo SDM Polda Papua yang sebelumnya dijabat Kombes Pol. Nanang Djunaedi digantikan oleh Kombes Pol. I Wayan Gede Ardana, di mana ia sebelumnya menjabat sebagai Karo SDM Polda Papua Barat.

Kemudian Kapolres Tolikara yang sebelumnya dijabat AKBP Muhammad Jafar, akan diisi AKBP Dicky Hermansyah Saragih. AKBP Jafar harus menanggalkan jabatannya karena memasuki masa pensiun.

Selanjutnya Kapolres Lanny Jaya yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Suroso, digantikan oleh AKBP Umar Nasatekay. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit 5 Ditintelkam Polda Kaltara.

Demikian juga Kapolres Asmat yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Dhani Gumilar, digantikan oleh Kompol Agus Hariadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua.

Kombes Pol. Taufik Irfan Awalluddin yang sebelumnya menjabat sebagai Ka SPN Polda Papua digantikan oleh AKBP Marison Tober Hamonangan Sirait, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Binkar Biro SDM Polda Papua.

Kapolres Merauke yang sebelunya dijabat AKBP Ahmad Untung Suriatna diganti AKBP Sandi Sultan, mantan Kapolres Intan Jaya.

Sedangkan Kapolres Intan Jaya diisi oleh AKBP Mikranuddin Syahputra yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbidpaminal Bidpropam Polda Papua.

Kapolres Boven Digoel yang dijabat AKBP Syamsurijal digantikan oleh AKBP I Komang Budiartha, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Nduga.

Sedangkan jabatan Kapolres Nduga diisi AKBP Rio Alexander Panelewen, yang sebelumnya menjabat sebagai Danden Gegana Satbrimob Polda Papua.

Demikian pula Kapolres Kepulauan Yapen yang semula dijabat AKBP Ferdyan Indra Fahmi, digantikan oleh AKBP Herzoni Saragih yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Deiyai.

Untuk selanjutnya Kapolres Deiyai dijabat AKBP Arief Kristanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagbinopsnal Ditreskrimum Polda Papua.

Kapolres Sarmi AKBP Hapry Lanudjun akan menduduki jabatan baru sebagai Dir Tahti Polda Papua. Kursi yang ia tinggalkan diisi AKBP Timur Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Papua.

Kapolres Paniai yang sebelumnya dijabat AKBP Naomi Giay diganti oleh Kompol Abdus Syukut Felani, eks Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Papua.

Kemudian Kapolres Dogiyai yang sebelunya dijabat Kompol Bambang Suranggono, digantikan oleh Kompol Samuel Dominggus Tatiratu, mantan Kasubbagselek Bagdalpers Ro Sdm Polda Papua.

Editor | HERMON K | RLS