Gubernur Enembe: Uncen Dapurnya SDM Papua

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP.,MH mengatakan Universitas Cenderawasih (Uncen) telah berkontribusi sangat besar dalam pembangunan di Tanah Papua.

Uncen adalah dapurnya SDM Papua, oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Papua siap memberikan dukungan kepada universitas tersebut untuk pengembangan pendidikan demi masa depan Papua yang lebih baik.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Kontribusi Uncen untuk pembangunan di Papua sangat besar. Hari ini sebagian sumber daya manusia kita yang mengabdi di pemerintahan maupun sektor lain adalah alumni Uncen,”ungkap Gubernur Enembe didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP,M.Eng saat menghadiri acara Ramah Tamah Keluarga Besar Uncen bersama Gubernur Papua, Senin (13/6/2022) di rektorat Uncen, Waena, Jayapura.

Enembe mengatakan untuk membangun Papua maka SDM Papua harus disiapkan sejak dini dan Uncen merupakan perguruan tinggi yang diharapkan terus mencetak ahli-ahli dan pemikira masa depan yang cakap dan cerdas.

“Tantangan semakin besar kedepan dan kita harapkan Uncen bisa menyiapkan SDM untuk menjawab tantangan itu,”ungkapnya.

Gubernur juga menyampaikan bahwa Pemprov Papua menghadapi tantangan untuk mendukung pembangunan fasilitas pendidikan di Uncen dikarenakan aturan-aturan perundang-undangan.

Oleh karena itu, dia berharap aturan-aturan tersebut hendaknya bisa cari solusinya sehingga dukungan pemerintah kepada universitas tersohor di Papua itu bisa diwujudkan.

“Contohnya pembangunan rumah sakit pendidikan di Fakultas Kedokteran Uncen yang dibangun pemerintah pusat tidak selesai. Kami mau bantu lanjutkan pembangunannya tapi aturan menghambat kami,”ungkap Enembe.

Rektor Uncen Papua, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT mengatakan saat ini universitas yang dipimpinnya membutuhkan dukungan dari Pemerintah Papua untuk menopang pengembangan institusi dan sarana prasana.

“Atas nama keluarga besar dan pimpinan Uncen di kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan terima kasih kepada bapak gubernur yang hadir bersama-sama dengan kami. PengembanganUncen membutuhkan perhatian bapak gubernur beserta jajaran,”pinta Apolo.

Rektor memaparkan bahwa jumlah penduduk Papua saat ini mencapai 4,3 juta jiwa, dimana usia 18 tahun hingga 22 tahun adalah usia kuliah yang jumlahnya mencapai 400 ribu orang. Dari jumlah tersebut, Uncen hanya mampu menampung 33 ribu orang dan sebagian lagi di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Jumlah daya tampung Uncen dengan perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya hanya 20 persen dari jumlah 400 ribu anak-anak usia kuliah. Ada juga yang kuliah di luar Papua dan luar negeri.

Sedangkan 80 persen lainnya, kata Rektor Apolo, tidak memperoleh kesempatan mengeyam pendidikan di perguruan tinggi karena berbagai kendala seperti keterbatasan daya tampung perguruan tinggi di Papua, keterbatasan ekonomi dan keterbatasan-keterbasan lainnya.

“Untuk itu minta dukungan dari bapak Gubernur untuk membantu Uncen,”harapnya.

Editor | HANS BISAY

Komentar