PON XX Papua Resmi Ditutup di Stadion Lukas Enembe

SENTANI | PAPUA TIMES- Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua resmi ditutup oleh Wakil Presiden KH.Ma’ruf Amin pada tanggal 15 Oktober 2021. Kemeriahan dan kejutan terus muncul pada Closing Ceremony yang diselenggarakan di Stadion Utama Lukas Enembe.

Para kontingen dan ofisial PON XX masuk ke tengah arena stadion untuk hadiri Closing Ceremony. Bendera seluruh kontingen menyusul masuk ke tengah stadion kebanggaan masyarakat Papua.
Bendera kontingen PON XX

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Setelah itu, Gubernur Lukas Enembe memberikan sambutan sebagai kepala daerah dan juga Ketua Panitia Besar PON XX. “Bagi para peraih medali baik emas, perak maupun perunggu, saya sampaikan selamat,” ujar Lukas Enembe. “Bagi atlet yang belum menang, ingatlah bahwa kegagalan adalah awal keberhasilan,” tambahnya. “Kalian semua luar biasa,” katanya bangga dengan semua yang terlibat pada PON XX.

Sang Gubernur berharap kenangan indah akan dibawa oleh seluruh kontingen ke daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Papua sa cinta ko. Bangga dengan masyarakat Papua. “Atas nama Bapak Presiden dan saya sendiri sebagai Wakil Presiden, beserta jajaran pemerintah menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat papua atas penyelenggaraan PON XX yang sukses,” sebut Ma’ruf Amin.

Pujian juga diberikan kepada PON XX yang dapat digelar pertama kali di masa pandemi Covid-19. “Bagi saya ini merupakan PON tersulit yang pernah diselenggarakan. Tapi ternyata warga Papua berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna, ini seperti semboyan Torang Bisa,” katanya.

Ma’ruf Amin akhirnya menutup PON XX di ujung pidatonya. Setelah Sang Wakil Presiden menutup PON XX, bendera PON yang berlambang Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) diturunkan dengan diiringi lagu Padamu Negeri.

Bendera kebanggaan masyarakat olahraga prestasi tersebut diturunkan bertepatan pada Hari Ulang Tahun (HUT) KONI yang ke-83. Gubernur Papua Lukas Enembe menyerahkan bendera ke Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman./

Setelah penurunan bendera, Gubernur Papua Lukas Enembe menyerahkan bendera PON kepada Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman. Selanjutnya, Ketua Umum KONI Pusat menyerahkan bendera PON kepada kepala daerah tuan rumah berikutnya.

Sekretaris Daerah Aceh, Dr.Taqwallah,M.Kes, dan Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI Purn Edy Rahmayadi menerima bendera dari Ketua Umum KONI Pusat. Aceh-Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah PON XXI Tahun 2024, pertama kalinya PON diselenggarakan di dua provinsi dalam sejarah Indonesia.

Setelah rangkaian upacara penutupan, giliran rangkaian hiburan yang ditampilkan. Malam yang indah, sesuai lagu yang dinyanyikan Iwa K. menutup PON XX dengan kenangan manis, sekaligus merayakan HUT KONI ke-83.

Editor | TIRTO

Komentar