Jabar Raih Emas 4×400 Meter Estafet Putra

TIMIKA | PAPUA TIMES- Tim Jawa Barat (Jabar) berhasil meraih medali emas nomor lari 4×400 meter estafet putra cabang olahraga atletik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan mengalahkan tim Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng).

Seperti dilansir ANTARA, Kamis (14/10/2021), empat pelari Jabar, yakni Halomoan Edwin B, Umar Wira, M. Ramdhan, dan Sumatroleko melintasi garis finis terdepat dengan mencatatkan waktu 3 menit 13,58 detik pada perlombaan di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Sementara Jawa Timur (Jatim) yang diperkuat Arif Ibrohim, Selamet Rizki, Heru Astriyanto, dan Dewa Radika harus puas berada di peringkat kedua dengan waktu 3 menit 14,68 detik.

Medali perunggu dikunci tim Jawa Tengah yang bermaterikan Felix Andrian, Umar Hamdan, Hadi Nur Ikhsan, dan Novianto dengan catatan waktu 3 menit 15,01 detik.

Rekor PON nomor lari 4×400 meter estafet putra masih dipegang tim Papua dengan waktu 3 menit 12,02 detik yang dicetak pada PON 2004 di Sumatera Selatan.

Tim Jabar menyatakan puas atas prestasi yang diraih dan menyebut medali emas ini merupakan buah dari latihan keras selama dua tahun terakhir.

“Perjuangannya sangat lika-liku sekali. Dua tahun tidak ada kejuaraan, sekali bertanding langsung event PON. Ini sungguh luar biasa. Kami persiapan dua tahun,” ujar Ramdhan.

Ramdhan mengaku tidak menyangka timnya bisa menorehkan hasil gemilang di PON Papua, mengingat awalnya mereka tidak mampu menembus limit PON yang ditetapkan.

“Awalnya kita tidak masuk limit PON, tapi kita masuk dari ranking. Tapi, kita di situ berpikir meskipun kita tidak masuk limit PON, tetapi kita harus tetap berjuang untuk menunjukkan bahwa kita itu bisa,” ujarnya.

Sementara itu, pelari tim Jabar Umar Wira mengatakan kunci utama keberhasilan timnya adalah rasa saling percaya dan kekompakan yang sudah terjalin lama.

“Kami persembahkan medali emas ini untuk Tuhan, orang tua, pelatih, keluarga, dan seluruh masyarakat yang telah mendukung perjuangan kami,” katanya.
Sebelumnya, tim Jabar merebut medali emas nomor 4×100 estafet putri cabang olahraga atletik di PON Papua, sekaligus memecahkan rekor PON nomor tersebut.

Bertanding di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua, Rabu (13/10/2021), tim Jawa Barat yang terdiri atas Raden Roselin Fika, Tyas Murtiningsih, Erna Nuryanti, dan Ulfa Silpiana merebut emas usai mencatatkan waktu 45,67 detik.

Editor | TIM