oleh

PON XX: Peralatan Berstandart Internasional

JAYAPURA | PAPUA TIMES– Sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, Pemerintah Provinsi Papua tidak hanya menyiapkan venue yang berstandar Internasional tetapi juga menyiapkan peralatan yang mumpuni.

Melalui Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua melakukan pengadaan peralatan dan perlengkapan pertandingan juga berkualitas dan berstandar Internasional.

Technical Delegate (TD) Renang Indah (Artistik) Fitrah Utami Harsono, sangat mengapresiasi peralatan pertandingan yang dibeli oleh PB PON Papua.

Menurutnya, peralatan yang direkomendasikannya semuanya terpenuhi, dan diluar dugaan semua peralatan yang dibeli sesuai spesifikasi.

“Peralatan maupun perlengkapan pertandingan sangat bagus, dan sesuai dengan keinginan kami,” ujarnya kepada wartawan disela-sela pemeriksaan barang oleh Tim Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) PB PON Papua di venue Aquatic, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Kamis (9/9/2021).

Fitrah menambahkan, peralatan Renang Indah PON sama yang digunakan pada Asian Games 2018 lalu. “Semua peralatan sudah ada di venue, Sabtu besok kita lakukan tes event sekaligus uji coba kesiapan panitia pelaksana (Panpel),”jelasnya.

Hal senada disampaikan TD Loncat Indah Eko Setiawan bahwa seluruh peralatan yang diadakan oleh PB PON sesuai spesifikasi dan memenuhi standar internasional.

“Tadi kita sama-sama dengan PB PON memeriksa peralatan yang diadakan oleh PT. Pluidra Indonesia, semua barang sesuai spesifikasi dan berstandar internasional, saya pastikan ada beberapa peralatan lebih baik dari peralatan Asian Games 2018 lalu,” kata Eko.

Menurutnya, Cabor Loncat Indah akan melakukan uji coba seluruh peralatan ini pada 15 September. “Pekan depan kita lakukan tes event, kita akan uji coba peralatan termasuk Panpelnya,” katanya.

Eko mengatakan, pihaknya mereka sangat puas dengan peralatan tersebut. Menurutnya, apa yang diberikan oleh PB PON sesuai dengan permintaannya. “Peralatan PON yang dibeli sudah sesuai dengan merk dan tipe yang boleh digunakan dan diputuskan oleh Federasi Renang Internasional (FINA),” ucapnya.

Sementara Site Manager PT Pluidra Indonesia, Yusuf Zaini mengatakan kebutuhan peralatan cabor olahraga air atau akuatik, seperti renang, renang indah dan loncat indah semuanya sudah tiba di Jayapura sejak 10 Agustus 2021 lalu.

“Peralatan cabor akuatik sudah terpasang di venue, sudah dilakukan pemeriksaan oleh tim dari PB PON Papua,” katanya.

Bahkan ia mengklaim, bahwa peralatan cabor akuatik saat ini paling bagus dan berstandar internasional. Apalagi peralatan ini dibeli langsung dari beberapa Negara di Asia dan Eropa.

Yusuf menyampaikan peralatan, Renang, Loncat Indah dan Renang Indah dengan berbagai merk dan tipe di datangkan langsung dari Swedia, China, Singapura, Amerika dan Spanyol. “Ada beberapa item peralatan yang dibeli di Indonesia tetapi kualitasnya terjamin dan terbaik,”tegasnya.

Arena Aquatic Papua yang berlokasi di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, akan menjadi venue aquatic termegah di Indonesia bagian timur. Waskita Karya membangun arena ini di atas lahan seluas 23.124 meter persegi (m²) dengan luas bangunan 17.733 m², memiliki kapasitas spectator 1.722 kursi.

Arena Aquatic Papua memiliki tiga arena, yaitu kolam tanding dengan panjang 51,23 meter, lebar 25 meter, dan kedalaman 3 meter, kolam loncat indah dengan panjang 21 meter, lebar 25 meter, dan kedalaman 5 meter, serta kolam pemanasan dengan panjang 50 meter, lebar 21 meter, dan kedalaman 1 hingga 2 meter.

Arena Aquatic PON XX Papua dilengkapi dengan pencahayaan yang mumpuni sebesar 1500 lux untuk kolam tanding dan kolam diving sedangkan kolam pemanasan sebesar 600 lux.

Selain itu, arena ini juga dilengkapi dengan fasilitas timing system, scoring board, sound system, tata udara, CCTV, solar panel, serta penataan kawasan untuk parkir, landscape dan bangunan penunjang lainnya.

Kolam di Arena Aquatic PON XX Papua dilengkapi dengan sistem dan peralatan dengan teknologi yang canggih, seperti dinding kolam dari panel baja modular lalu dilapisi membran PVC linear agar terhindar dari risiko kebocoran untuk jangka waktu yang panjang. Kolam kompetisi dilengkapi dengan automatic moveable bulkhead sehingga dapat dimanfaatkan untuk nomor pertandingan jarak pendek 25 meter.

Editor | TIM

Komentar

News Feed