Pemkab Tolikara Kembali Lepas Tim Satgas Kesehatan

KARUBAGA | PAPUA TIMES- Pemerintah Kabupaten Tolikara kembali melepas Tim Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan ke beberapa distrik pusat layanan kesehatan. Pelepasan Tim Satgas Kesehatan secara simbolis dilepas Bupati Usman G. Wanimbo, SE.M.Si di Aula Kantor Dinas Kesehatan di Karubaga, Selasa (24/8/2021).

Bupati Usman G. Wanimbo,SE,M.Si dalam arahannya mengatakan, kehadiran Tim Satgas Kesehatan untuk melayani masyarakat di beberapa Puskesmas merupakan bagian dari peningkatan upaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah pedalaman.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Kami berharap, dengan adanya Satgas Kesehatan, semua masyarakat yang berada jauh di pelosok-pelosok bisa merasakan pelayanan kesehatan secara maksimal. Ujar Bupati Usman wanimbo.

Dikatakannya, sejatinya tahapan perekruktan, pembekalan hingga pelepasan 84 anggota Tim Satgas Kesehatan telah dilaksanakan di awal tahun tetapi mengalami penundaan karena situasi Pandemi Covid-19. Dengan demikian mereka (Tim Satgas Kesehatan) bertugas hanya 4 bulan, yakni dari September hingga Desember 2021.

“Namun demikian, tugas mereka akan diperpanjang pada tahun depan dan nanti ada lagi perekrutan Tim Satgas Kesehatan yang baru. Jadi targetnya semua masyarakat di Distrik-distrik bisa terlayani,” imbuhnya.

Kepada setiap anggota Tim Satgas Kesehatan, Bupati Usman G. Wanimbo berpesan agar bisa menjalankan tugas dengan penuh semangat dan tanggung jawab yang tinggi. Harus sabar dan tabah dalam menghadapi banyak tantangan seperti cuaca tidak menentu dan jauh dari suasana keramaian kota.

“Harus bisa beradaptasi dengan lingkungan dan menyatu dengan masyarakat. Bekerjalah sebaik mungkin. Layani masyarakat dengan sepenuh hati. Pesan Bupati Usman wanimbo.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara, Alsen Genongga, S.KM menegaskan patut disyukuri karena meskipun mengalami penundaan, namun di bulan September pengutusan Tim Satgas Kesehatan ke Distrik-distrik dapat terwujud.

“Puji Tuhan, meskipun dengan berbagai kekurangan namun bisa kita laksanakan di tahun ini. Tujuan hanya satu yakni untuk meningkatkan Pelayanan kesehatan masyarakat kita”. kata Kepala Dinas Alsen genongga, saat memberikan arahan di Aula Pertemuan Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Alsen genongga berharap agar semua anggota Tim Satgas Kesehatan aktif menjalankan tugas sesuai profesi masing-masing. Kerja sama tim sangat dibutuhkan dan semua petugas harus saling menerima sebagai saudara.

“Patuhi perintah ketua Tim dan hindari segala hal yang bisa menimbulkan kekacauan. Jika ingin ijin atau keperluan penting, tolong nanti laporkan ke ketua tim supaya bisa disampaikan ke Dinas. Nanti kami akan menilai ijin seperti apa. Pelayanan tersisa empat bulan jadi kami harap dijalankan semaksimal mungkin”. Harap Kepala Dinas Alsen genongga.

Di tengah pandemi Virus Corona saat ini, Kepala Dians Alsen genongga juga berpesan agar petugas dapat mematuhi protokol kesehatan. Selain menggunakan masker, selalu mencuci tangan dan menjalankan pola hidup sehat dan menjaga stamina tubuh, satu hal yang paling penting adalah selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kepala Dinas Alsen genongga,S.Km menjelaskan Tim Satgas disebarkan dibeberapa titik pelayan Kesehatan untuk menjangkau daerah – daerah pelosok.

“Mereka akan mobile, misalkan mereka yang di Pustu Geya akan melayani hingga ke Puskesmas Goyage, yang di Puskesmas Kanggime bisa pelayanan ke Gilobandu, Nunggawi dan Woniki”. JelasNya.

Tim yang diutus dibeberapa titik itu,terdiri dari satu dokter dengan beberapa bidang dan perawat. Jumlah tenaga medis disesuaikan dengan jangkauan pelayanan.

“Yang terutama bagaimana kita menjangkau masyarakat yang berada di distrik, di balik gunung yang tidak terjangkau bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama dengan semua yang ada di kota maupun yang ada di distrik. Biar kita bisa wujudkan Tolikara Sehat. Kita tingkatkan angka kesehatan di Kabupaten Tolikara ini”. Pesan Alsen genongga.

Editor | DERWES YIKWA