Bupati Tolikara Launching Program Unggulan JOSHUA

KARUBAGA | PAPUA TIMES- Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE.,M.Si secara resmi me-launching program unggulan JOSHUA (Jaminan Sosial Hari Tua), di Aula Bappeda di Igari Karubaga, Kamis (19/8/2021).

Acara launching ditandai dengan penyerahan secara simbolis Kartu JOSHUA dan Buku Tabungan oleh Bupati Usman G. Wanimbo kepada 10 orang Lanjut Usia (Lansia).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Bupati Usman G. Wanimbo dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara sangat peduli terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat asli Papua. Selain Program 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), Sekolah Unggul Berpola Asrama dan Prioritas Jabatan ASN Putra Daerah, Pemkab Tolikara juga memiliki perhatian besar terhadap para Lansia.

“Program JOSHUA merupakan sebuah wujud kepedulian kami (Pemerintah Daerah) terhadap para orang tua yang sudah lanjut usia. Kami bekerja sama dengan Bank Papua memberikan bantuan dana sebesar Rp. 500.000 setiap bulan kepada masyarakat asli Papua berusia 60 tahun ke atas (Lansia), yang tersebar di seluruh Tolikara,” ujar Bupati Usman G. Wanimbo.

Menurut Bupati Usman G. Wanimbo, Program JOSHUA tehitung mulai berjalan sejak Januari 2021. Oleh karena itu di bulan Agustus ini, setiap peserta JOSHUA menerima bantuan sebesar Rp. 4 juta. Bantuan disalurkan melalui Bank Papua Cabang Karubaga, Kantor Kas Bank Papua Bokondini dan Kantor Kas Bank Papua Kanggime.

“Terima kasih kepada Bank Papua yang telah bersedia bekerja sama dengan Pemkab Tolikara dalam mewujudkan Program Unggulan JOSHUA ini,” ucap Bupati Usman G. Wanimbo.

Mewakili seluruh Lansia penerima Program Joshua, Yarius Kogoya sambil menitikan air mata mengucapkan syukur kepada Tuhan yang telah membuka hati Bupati Usman G. Wanimbo untuk membantu orang yang sudah tidak kuat bekerja.

“Saya asal Distrik Goyage. Terima kasih kepada anak Bupati atas Program mulia ini. Anak Bupati terus lanjutkan program ini. Siapapun yang menggantikan Bupati Usman, kami harap program ini tetap ada,” harap Yarius Kogoya.

Hal serupa dikatakan Ketua Klasis Konda, Pdt. Agus Kogoya. Usai menerima Kartu JOSHUA dan buku tabungan, ia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tolikara saat ini. Menurutnya, tidak semua pemimpin bisa melakukan sebuah terobosan mulia seperti yang dilakukan Bupati Usman G. Wanimbo.

“Saya sangat terharu, pemerintah perhatikan kami orangtua. Terima kasih Bapak Bupati Usman Wanimbo. Program JOSHUA ini sangat luar biasa. Ini baru pertama kali sejak Kabupaten Tolikara ini berdiri. Tidak semua pemimpin bisa lakukan hal ini,” ujar Pdt. Agus Kogoya.

Sementara itu, Anggota DPRD Tolikara Lenas Gire, memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Usman G. Wanimbo atas peluncuran Program JOSHUA. Menurutnya, para lansia yang tinggal di pelosok-pelosok Tolikara sudah tidak mampu bekerja sehingga layak diberi bantuan, terutama mereka yang tidak punya penghasilan seperti para pensiunan PNS.

“Kekuatan orangtua Lansia sudah menurun, mereka tidak mampu berkebun. Apalagi anaknya masih kuliah, tentu menjadi beban pikiran. Karena itu program yang sangat mulia ini patut didukung, semua pihak terutama DPRD Tolikara sebagai pengawas dan pengontrol program pemerintah. Kita punya orang tua yang tidak kuat sebagian sudah duluan pergi, sebagian yang ada ini patut kita bantu mulai dari kota karubaga hingga di pelosok seluruh Tolikara,” harap Lenas Gire.

Editor | LEPIANUS KOGOYA