Gereja Dukung Bupati UGW Bangun SDM

TOLIKARA | PAPUA TIMES- Presiden Gereja Injili Di Indonesia (GIDI), Pendeta Dorman Wandikbo, S.Th mengapresiasi dan mendukung upaya Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE.,M.Si, dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) melalui sekolah berpola asrama.

Langkah Bupati Usman Genongga Wanimbo (UGW) itu dinilai sangat visioner menyiapkan generasi muda dan pemimpin Tolikara di masa mendatang.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Pemerintah kabupaten Tolikara membangun sekolah berpola asrama jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Equal Brigth Effata di Kutime Kabupaten Tolikara.

“Saya lihat model pendidikan berpola asrama (di Kutime Tolikara) ini sangat baik dan cocok untuk dikembangkan di Papua. Karena menurut pengalaman setiap orang yang pernah bersekolah dan tinggal di asrama pasti berhasil,”ungkap Dorman.

Menurutnya, dari dulu sekolah-sekolah berpola asrama berhasil melahirkan SDM yang handal dan pemimpin Papua yang hebat. Contohnya, para gubernur di Papua yakni Isaac Hindom, Freddy Number, Jaap Solossa, Barnabas Suebu dan bahkan Gubernur sekarang Lukas Enembe.

“Karena itu membangun manusia Papua yang unggul harus dengan pendidikan berpola asrama. Apa yang sudah dilakukan Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo patut dikembangkan di seluruh Papua,”ujarnya.

Bupati Tolikara dalam visi misinya memprioritaskan peningkatan SDM asli Tolikara dimasa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Dinus Wanimbo, SH.,MH.

Saat ini, kata Bupati Usman, pihaknya sedang konsen membangun sekolah unggulan berpola asrama. Selain itu juga menyediakan akses pendidikan bagi anak-anak Tolikara yang memiliki bakat dan potensi untuk kualifikasi pendidikan tertentu seperti penerbangan, kedokteran, dan theologi.

“Keseriusan Pemkab Tolikara dalam pembangunan SDM putra-putri daerah sudah dilakukan sejak anak masih dalam kandungan yakni melalui Program Asupan Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Dalam program ini, setiap ibu hamil dan bayi diberikan asupan makanan bergizi dan pelayanan kesehatan setiap hari hingga anak umur 2 (dua) tahun. Berkat asupan makanan bergizi dan pelayanan kesehatan yang terjamin, maka tubuh dan otak anak juga akan berkembang dengan baik,”tandas Bupati Tolikara.

Editor | LEPIANUS K