KONI Pusat Pastikan Agustus Pendaftaran Akhir PON XX

JAKARTA | PAPUA TIMES- Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, mengatakan bahwa dalam sisa waktu 80-an hari menuju ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, sejumlah hal masih perlu mendapatkan perhatian. Misalnya terkait pendaftaran yang pada 1 Agustus 2021 ini sudah memasuki masa akhir pendaftaran.

“Agustus bisa masuk CdM (chef de mission) meeting yang ketiga dan DRM (delegation registration meeting) yang dilakukan di Papua. Kemudian mulai tanggal 15 September technical delegate dan panitia sudah datang ke Papua dan panpel. Kemudian 19 September atlet sudah akan tiba di Papua karena tanggal 22 September pertandingan sudah akan dimulai mendahului sebelum pembukaan. Pembukaannya dilakukan pada tanggal 2 Oktober kemudian penutupannya 15 Oktober nanti,” ujar Ketua Umum KONI Pusat dalam keterangan pers secara virtual usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo melalui konferensi video pada Selasa, (13/7/2021).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Dalam kesempatan tersebut, Marciano juga melaporkan kesiapan para atlet yang kini mengikuti pemusatan latihan daerah (pelatda) di 33 provinsi yang telah memasuki tahapan persiapan akhir. Sesuai arahan Presiden, para atlet ini juga telah mendapatkan prioritas untuk divaksin di daerahnya masing-masing.

“Mereka saat ini telah melakukan tahapan-tahapan persiapan akhirnya dan mereka semua sudah divaksin di 33 provinsi sesuai dengan arahan Bapak Presiden, mendapatkan prioritas dari daerah untuk divaksin,” imbuhnya.

Terkait keperluan transportasi, KONI Pusat juga telah bekerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia untuk menyiapkan beberapa opsi. Opsi tersebut antara lain menyiapkan charter flight atau memberikan diskon yang akan meringankan kontingen untuk berangkat ke Papua.

“Itu sudah terkoordinasikan dengan baik dengan 33 provinsi yang akan datang ke Papua nanti,” katanya.

Menurut Marciano, pihaknya juga akan melaksanakan sejumlah uji coba di beberapa tempat pertandingan di Kabupaten Merauke dan Kabupaten Jayapura. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menguji tempat pertandingan sebelum pelaksanaan PON dimulai.

“Untuk Kabupaten Mimika sudah dilaksanakan itu, kemudian untuk Kota Jayapura juga sudah. Setelah venue exercise, kita akan melakukan beberapa tes event yang dilakukan pada bulan Agustus nanti,” jelasnya.

Marciano memastikan bahwa KONI Pusat mendukung penuh penyelenggaraan PON XX di Papua dan akan memberikan pengalaman terbaik di penyelenggaraan beberapa PON sebelumnya.

“Kita berharap PON Papua ini bisa lebih baik dari sebelumnya dan kita juga berharap situasi Covid membaik sehingga PON Papua ini juga bisa menjadikan kebangkitan bangsa Indonesia dari masa pandemi Covid-19 ini,” tandasnya.

Editor | HASAN HUSEN