Demokrat Usulkan 6 Calon Wagub Papua

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Dewan Pengurus PDaerah (DPD) Partai Demokrat Papua, Selama malam (13/7/2021) resmi mengusulkan 6 untuk diajukan sebagai calon Wakil Gubernur Papua. Enam nama itu antara lain Ricky Ham Pagawak (Bupati Mamberamo Tengah), Yunus Wonda (Wakil Ketua DPRP), Usman G Wanimbo (Bupati Tolikara), Tonny Tesar (Bupati Kepulauan Yapen), Natalis Tabuni (Bupati Intan Jaya), dan Yeremias Bisay (Bupati Waropen).

“Kami DPD Demokrat baru selesai rapat pleno untuk pengusulan bakal calon wakil gubernur. Dari hasil pleno tadi, ada enam nama yang malam ini juga akan kami teruskan kepada Ketua DPD Demokrat Papua Bapak Lukas Enembe. Dari enam nama ini, beliau yang akan memilih, satu calon untuk diajukan sebagai calon wakil gubernur dari Partai Demokrat,” kata Boy Plt. Sekretaris DPD Demokrat Papua Boy Markus Dawir kepada wartawan di Jayapura, Selasa malam (13/07/2021) usai rapat pleno.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Nanti Ketua DPD yang akan putuskan satu nama dari enam ini untuk mewakili Demokrat. Dalam rapat koalisi kemarin, 8 partai lain pengusung Lukmen Jilid II juga mengajukan calonnya. Hanya satu partai yang tidak usulkan calon yaitu NasDem. Jadi partai lain pun hari ini kita minta untuk mengajukan nama-nama calonnya ke gubernur,” kata Boy.

Sesuai mekanisme yang disepakati dalam rapat koalisi, lanjut Boy, nantinya ke-8 calon yang diusulkan masing-masing partai akan diserahkan kepada Gubernur Lukas Enembe. Setelah itu, gubernur yang akan memutuskan dua nama di antaranya untuk selanjutnya dikirim ke DPR Papua untuk mengikuti proses pemilihan oleh para wakil rakyat itu.

“Kemarin Bapak Gubernur juga sudah minta agar proses ini harus cepat supaya kita segera dapatkan wakil gubernur dalam waktu yang tidak terlalu lama. Karena itu, kita juga sudah sepakati di koalisi kemarin, pengurus partai tingkat provinsi saja yang memutuskan nama-nama untuk diajukan ke gubernur. Setelah gubernur putuskan dua nama itu, barulah kedua partai masing-masing minta SK dari DPP masing-masing. Mala mini juga kita serahkan 6 bacalon dari Demokrat ke ketua DPD. Besok pagi sebelum matahari terbit, kita sudah dapatkan satu nama itu,” tegas Boy.

Koalisi Papua Bangkit (KPB) Jilid II yang mengusung Lukas Enembe dan Klemen Tinal (LUKMEN) pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Juni 2018 lalu terdiri dari 9 partai politik yakni Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PAN, NasDem, PPP, PKB, PKS, dan PKPI.

Editor | HANS B | GUSTI M

Komentar