PON XX: Covid Menggila, Atlet Papua di Jawa Bali Akan Ditarik

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua dalam waktu dekat akan memulangkan seluruh atlet PON Papua yang saat ini sedang menjalani pemusatan latihan maupun try out di pulau Jawa, Bali dan Sulawesi.

Penarikan para atlet Papua seiring dengan kasus penyebaran Covid-19 di Pulau Jawa, Bali dan Sulawesi kian menggila. Pemerintah bahkan telah menetapkan seluruh daerah di Jawa dan Bali masuk zona merah.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP,M.Si kepada wartawan menegaskan KONI Papua takkan mengambil resiko dengan kondisi kasus Covid-19 di pulau Jawa yang meningkat tajam. Makanya KONI bakal memulangkan seluruha atletnya yang sedang menjalani TC di pulau Jawa dan Bali.

“Kita akan tarik atlet kita ke Papua. Dengan kasus Covid yang tinggi, sudah pasti venue atau arena olahraga di Jawa maupun Bali pasti ditutup. Makanya kita akan tarik seluruh atlet kita yang sedang TC maupun try out di pulau Jawa, Bali dan Sulawesi,”ungkapnya.

Sekum berharap dengan kondisi ini, maka Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Disorda) Papua memberikan kesempatan kepada atlet-atlet Papua untuk latihan dan uji coba di venue-venu PON yang sudah selesai dibangun.

“Kita harap sebagai tuan rumah lebih menguasai arena, jangan sampai kita sama dengan tim tamu, merasa asing di rumah sendiri. Kami harapkan kerjasama dari PB PON, kalau bisa dua bulan sebelum PON atlet kami sudah masuk untuk penguasaan venue,” ujar Kenius.

Dia juga meminta PB PON dan Disorda melengkapi berbagai fasilitas dan peralatan pertandingan di venue-venue agar bisa digunakan secepatnya.

“Seperti venue menembak, sudah harus dipasang peralatannya sehingga atlet kita dapat latihan dan bisa beradaptasi dengan cepat di venue PON itu. Kemudian waktu sudah dekat untuk test iven, makanya peralatannya harus segera dipasang,” harap Kenius menambahkan informasi dari PB PON, tes iven dijadwalkan bulan Agustus 2021 mendatang.

Editor | HANS BISAY

Komentar