Ini Hasil Rapat Gubernur Enembe Dengan Presiden Bahas PON dan Peparnas

JAKARTA | PAPUA TIMES- Presiden Joko Widodo hari ini, Senin (15/3/2021) menggelar Rapat Kabinet Terbatas (Ratas) membahas persiapan pelaksanaan Pekan Olaharaga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI di Provinsi Papua.

Ratas dihadiri para menteri dan Gubernur Papua, Lukas Enembe. Presiden Jokowi setelah mendengarkan paparan langsung dari Gubernur Papua dan masukan dari pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan PON XX dan PEPARNAS XVI memutuskan bahwa PON XX dan PEPARNAS XVI tetap dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu PON dari tanggal 2 Oktober s/d 15 Otober 2021 dan PEPARNAS dari tanggal 17 Nopember s/d 28 Nopember 2021

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP.MH dalam paparannya menyampaikan bahwa sebagai tuan rumah, Papua telah melakukan persiapan. Baik sarana, prasarana pertandingan maupun persiapan penyelenggaraan.

“Saat ini telah dibangun dan disiapkan 37 venue untuk 37 cabang olahraga, baik yang dibangun dengan dana APBN, APBD Provinsi maupun dengan dana APBD Kabupaten. Seluruh venue yagn dibangun dengan dana APBD Provinsi telah selesai dan telah kami resmikan pada bulan Oktober 2020 yang lalu” ucap Gubernur.

PB PON sebagai penyelenggara, lanjut Lukas Enembe, juga terus melakukan persiapan dengan mengacu jadwal pelaksanaan pada bulan Oktober 2021.

“PB PON sebgai penyelenggara pertandingan dan perlombaan saat ini terus melakukan persiapan, baik penyiapan upacara pembukaan dan penutupan. Kedatangan dan kepulangan kontingen, jadwal pertandingan, akomodasi, konsumsi, keamanan, distribusi atlit, official dan Panpel dan seluruh kebutuhan dalam rangka kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan PON XX” tegas Gubernur Enembe.

Berkaitan dengan pelaksanaan PEPARNAS XVI, Gubernur Lukas Enembe menyampaikan kepada Presiden bahwa persiapan pelaksanaannya sedang berlangsung.

Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional XVI telah menjadwalkan upacara pembukaan pada 17 November dan upacara penutupan tanggal 28 November 2021. Cabor yang dipertandingkan sebanyak 12 Cabor,” kata Enembe.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga memberikan dukungan atas penyampaian Bapak Gubernur berkaitan kesiapan Provinsi Papua untuk melaksanakan PON dan PEPARNAS tahun ini.

“Dengan memperhatikan penyampaian Bapak Gubernur Papua dan masukan dari stakeholder olahraga, Presiden Jokowi memutuskan bahwa PON XX dan PEPARNAS XVI tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Berkaitan dengan format pelaksanaan pertandingan dan perlombaan, khususnya berkaitan dengan pandemic Covid-19 yang masih terus berlangsung. Bapak presiden memutuskan untuk menunggu perkembangan kedepannya termasuk format yang diterapkan pada Olimpiade Tokyo nanti,”jelas Menpora.

Berkaitan dengan vaksinasi, presiden memerintahkan untuk melakukan vaksinasi untuk seluruh kontingen, official, perangkat pertandingan, panitia pelaksana serta seluruh pendukung terlaksananya PON XX dan PEPARNAS XVI serta masyarakat sekitar.

Editor | TIM REDAKSI

Komentar