Banjir dan Longsor di Tolikara

KARUBAGA | PAPUA TIMES- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tolikara sepanjang pekan ini menyebabkan empat kali didaerah meluap dan merusak jembatan.

Tiga jembatan yang berada di tiga distrik di laporkan rusak dan hanyut terbaru luapan air. Masing masing kali Tiri di kampung Tiri, kali Goyage kampung Dugi, kali Tigini kampung Tigikun dan kali Geya kampung Geya Distrik Geya.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Tolikara, Yendiles Afrika Towolom kepada pers di Karubaga mengatakan akibat banjir menyebabkan akses transportasi roda dua dan roda empat lumpuh, dan warga di tiga distrik tidak bisa bepergian.

Akibat intensitas hujan tinggi yang hampir merata di Kabupaten Tolikara memicu membuat banjir dan longsor.“Sejak awal Februari 2021 banjir sudah terjadi di beberapa wilayah Tolikara. Namun air kembali meningkat setelah hujan deras yang hampir merata di Kabupaten Tolikara,”ungkap Yendiles.

Menurutnya, dari kunjungan ke lokasi ditemukan sejumlah perkebunan tertìmbun longsor dan terhanyut derasnya banjir. Oleh karena itu pihaknya sangat berharap, Pemerintah segera memperbaiki jembatan dan jalan agar lalu lintas kendaraan dan aktivitas perekonomian dapat berjalan normal.

“Saat ini masyarakat sangat sulit ke Kota Karubaga, demikian pun sebaliknya. Besar harapan kami Wakil Rakyat utusan dari Distrik Goyage agar Pemda Kabupaten Tolikara segera membangun kembali jembatan yang terputus ini” harapnya.

Dia mengimbau agar masyarakat selalu waspada karena tingginya curah hujan di bulan Februari.

Editor | YIKWANAK KOGOYA

Komentar