Pendidik dan Pelajar Diajak Sebarluaskan Nilai Bela Negara

JAYAPURA | PAPUA TIMES– Pemerintah mengajak dunia pendidikan di Papua, yang didalamnya terdiri dari para dosen, guru, mahasiswa serta pelajar, agar dapat menjadi role model dan garda terdepan dalam mengaktualisasi maupun penyebarluasan nilai-nilai bela negara, di lingkungannya masing-masing.

Hal itu sebagaimana himbauan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Mayor Jenderal TNI Dadang Hendrayudha, pada Sosialisasi Kesadadaan Bela Negara, di Lingkup Pendidikan Provinsi Papua, via meeting zoom, Rabu (11/11/2020).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Ia tekankan pentingnya aktualisasi nilai-nilai bela negara karena sangat dibutuhkan negara. Terlebih lagi, bila mencermati perkembangan dinamika ancaman saat ini, yang kini memasuki era kemajuan teknologi maupun keterbukaan informasi.

“Tentunya kita harap dari kegiatan ini bisa terbangun serta tertanam menanamkan sikap mental dan perilaku warga negara Indonesia”.

“Yang senantiasa cinta kepada tanah air, memiliki kesadaran bangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara,” terang dia.

Webinar tersebut diikuti 130 orang siswa, guru, mahasiswa dan dosen se Papua yang rencananya digelar selama dua hari.

Sebagai pembicara yakni, Brigen TNI Dr. Jubei Levianto selaku Direktur Bela Negara, Ditjen Pothan Kemenhan dengan Tema Bela Negara Sishankamrata yang mana dalam paparannya mengatakan pendidilan bela negara bukanlah pendidikan militer.

Bela negara adalah milik semua masyarakat, sehingga penting untuk ditumbuhkan di era saat ini. Kemudian pemateri dari Aster Kodam XVII Cenderawasih, Kol. inf Wempi Ramandei yang menyampaikan tema 4 Konsensus dasar berbangsa dan bernegara yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.’

Sedangkan narasumber ketiga Kadisdik Provinsi Papua, Christian Sohilait dengan materi kearifan lokal Papua untuk Indonesia. Keempat adalah Jery Agus Yudianto, Kadis Kominfo Provinsi Papua, dengan tema Bijak Bermedia sosial bagian dari bela negara.

Editor | EDWIN RIQUEN

Komentar