Peresmian Stadion Mundur ke Tanggal 23 Oktober 2020

JAYAPURA|PAPUA TIMES– Pemerintah Provinsi Papua memutuskan untuk menggelar peresmian venue PON XX 2021 serta agenda terkait lainnya secara virtual. Masyarakat diminta menyaksikan dari rumah, demi mencegah penularan Covid-19 yang saat ini terus meningkat tajam di Kota Jayapura.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Hal itu dikemukakan Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX, DR. Yunus Wonda,SH.MH kepada pers, usai pertemuan dengan Kapolda Papua, Jumat (16/10/2020) di Jayapura.

“Kami mewakili pemerintah provinsi dan sebagai panitia pelaksana mohon maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Papua. Kita ingin tunjukan kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON dengan acara ini yang nantinya disemarakan serta melibatkan banyak pihak. Namun kita harus mengambil keputusan dilakukan secara virtual guna melaksanakan protokol kesehatan pemerintah,”jelas Yunus Wonda.

Menurutnya, Kapolda Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw sebenarnya berkeinginan dan mendukung kegiatan Pemprov dan PB PON untuk peresmian stadion dan venue PON lainnya. Namun dengan diberlakukannya larangan berkumpul dan pembatasan massa maka sebagai aparat penegak hukum, Kapolda wajib melaksanakan protokol pencegahan Virus Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Intinya sudah ada lampu hijau dari Kapolda. Sehingga nanti akan ada surat ijin dari Polda Papua yang kita tunggu.Tapi pada prinsipnya kami dengan Kapolda sudah sepakat kegiatan ini digelar secara virtual, tidak boleh ada penonton di dalam stadion. Sehingga kami mohon maaf kepada masyarakat Papua,” tandasnya.

Sementara Sembilan venue yang akan diresmikan secara virtual diantaranya, lapangan menembak Indoor dan Outdoor, dan Lapangan Baseball di Auri Lanud Silas Papare, GOR Voli dan Lapapangan Voli Pasir di Koya Koso.

Kemudian Lapangan Tenis di Kompleks Kantor Walikota Jayapura dan GOR Futsal di timika, stadion Papua Bangkit berubah nama menjadi stadion Lukas Enembe, GOR Gidi dan Lapangan Baseball/Softball Universitas Cenderawasih.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Peresmian Stadion Utama dn venue PON XX, Kenius Kogoya,SP.M.Si mengatakan agenda peresmian yang dijadwalkan tanggal 20 Oktober 2020 dimundur ke hari Jumat tanggal 23 Oktober 2020.

“Ceremoni hitung mundur PON Papua dan peresmian stadion utama dan venue PON yang awalnya tanggala 20 Oktober 2020 dimundur ke tanggal 23 Oktober 2020,”ujar Kenius.

Editor|EDWIN RIQUEN

Komentar