KONI: Atlet Papua Fokus PON XX

JAYAPURA | PAPUA TIMES– Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua meminta atlet-atlet Papua yang berada di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) fokus mempersiapkan diri menghadapi laga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP.M.Si kepada pers di Jayapura mengatakan pada tahun 2021 terdapat beberapa iven olahraga yang bakal digelar yakni PON XX, Sea Games Vietnam, Piala Dunia U-20 dan Olimpiade Tokyo.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Oleh karena itu, atlet-atlet Papua hendaknya fokus latihan untuk membela kepentingan Papua pada PON XX tahun 2021 mendatang. Bakal sulit bagi mereka bila perhatiannya terbagi, apalagi waktu penyelenggaraan PON dan Sea Games Vietnam dihelat dalam waktu sangat berdekatan.

“Sudah ada atlet kita yang dipanggil pelatnas untuk Sea Games. Diantaranya renang, selam, dayung bahkan untuk Olimpiade juga.“Kalau Sea Games kita belum berani setujui karena waktunya sangat mepet. Sebab kalau sudah ikut PON masa recoverynya sangat sedikit untuk ikut di Sea Games,” kata Kenius.

Pelaksanaan PON XX Papua disepakati berlangsung pada Oktober 2021. Sementara Sea Games Vietnam dan Olimpiade Tokyo berlangsung di bulan November 2021 mendatang.

Dengan jadwal yang mepet, kata Sekum KONI, para atlet yang membela Papua harus memilih salah satu dari dua iven itu. “Dan pasti kami di KONI Papua akan mengarahkan mereka untuk all out di PON. Untuk berikutnya dia mau kemana, kita persilahkan. Tapi intinya semua atlet Papua harus fokus dulu membela tuan rumah Papua di iven PON,” tegas ia.

Editor | ERWIN RIQUEN