Telkom Siapkan Infrastruktur Dukung PON XX

JAYAPURA (PTIMES)- PT. Telkom Indonesia optimis jaringan teknologi informasi dan komunikasi saat perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua berfungsi dengan baik.

Didukung jaringan kabel fiber optik dan Palapa Ring, layanan internet dan telepon seluler saat PON nanti dapat terpenuhi.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Hal itu disampaikan General Manager PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Witel Papua, Sugeng Widodo usai menerima Sekretaris Umum Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua, Elia Loupatty, Rabu (23/9/2020), di Jayapura.

“Telkom akan all out mendukung PON XX yang akan berlangsung pada tanggal 2-14 Oktober 2021 di bumi Cenderawasih. Ini ditunjukkan dengan kami sudah menyiapkan infrasturktur telekomunikasi untuk mensukseskan PON, baik di klaseter Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika,” kata Sugeng.

Terkait kebutuhan bandwidth, Sugeng Widodo pastikan sudah disiapkan sesuai kebutuhan. Sementara untuk mengantisipasi jaringan kabel fiber optik yang putus, pihaknya Telkom bakal memanfaatkan keberadaan Palapa Ring.

“Kalau kabel fiber optik di laut Sarmi putus karena ada gunung berapi diantara perairan Sarmi dan Biak, akan diantisipasi dengan Palapa Ring dimana sudah dibuat dua jalur kabel optik,”tuturnya.

Sekretaris Umum PB PON Papua, Elia Loupatty, berharap sebelum PON XX, jaringan internet dan seluler sudah dapat digunakan dengan baik sehingga pelaksanaan PON di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika berlangsung sukses.

“Kita sudah bertemu pihak Telkom Papua dan sudah mendapat penjelasan. Sudah dipastikan pihak Telkom Papua siap melayani dan mendukung pelaksanaan PON.
Maka itu dalam waktu dekat, kami juga akan berkunjung ke Jakarta untuk bertemu dengan pimpinan Telkom, guna memastikan kesiapan mereka dalam penyediaan jaringan internet selama pelaksanaan PON,” terang Elia.

Elia katakan, jaringan TI saat iven PON tak boleh macet. Sebab momen ini ditonton oleh jutaan warga Indonesia bahkan dunia. Dilain pihak, PON XX tahun 2021 di Papua berbasis TI, dimana mulai dari pendaftaran peserta PON, wartawan dan lainnya, dilakukan secara online.

“Makanya kita sangat mendorong supaya dukungan Telkom dalam penyediaan fasilitas telekomunikasi dan layanan internet di semua lokasi penyelenggaraan PON di Papua, sudah rampung sebelum PON digelar,”harapnya.

Editor: ERWIN RIQUEN

Komentar