Cabup Abock Busup Komitmen Jalankan Protokol Kesehatan Selama Pilkada

JAYAPURA (PTIMES) – Calon Bupati Yahukimo Abock Busup berkomitmen kuat menjalankan protokol kesehatan selama mengikuti proses Pilkada, termasuk saat melakukan kampanye dihadapan para pendukung.

Hal itu disampaikan Abock kepada pers, Rabu (9/9/2020), pasca terpaparnya enam pasangan calon bupati dan wakil bupati di dua kabupaten, sebagaimana diumumkan KPU Papua baru-baru ini.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Kita tetap komitmen jalankan protokol kesehatan selama Pilkada. Bahkan saya dengan wakil saya baru selesai tes swab di RSUD Dok II Jayapura”.

“Besok pun ada tes lanjutan dan sekali lagi kami akan tetap memperhatikan protokol kesehatan karena hal ini sangat penting sekali,” tegas ia.

Abock yang juga Bupati Yahukimo memastikan sangat mendukung upaya menekan laju penularan Covid. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan mengendalikan laju penularan Covid di Yahukimo, dimana kabupaten itu kini masuk dalam daftar zona hijau.

“Saya pun sebelum ke Jayapura ikut rapid test di Yahukimo. Bahkan untuk orang yang akan masuk Yahukimo harus dapat ijin bupati. Sehingga kita pastikan sangat berkomitmen menjalankan protokol kesehatan,” tegasnya lagi.

Abock katakan, sangat bersyukur mendapat dukungan delapan partai politik (PAN, Demokrat, PKB, Gerindra, PPP, PSI, PBB dan PKS serta dua partai non seat PDIP maupun Garuda.

Pihaknya pun memastikan bakal menciptakan Pilkada yang aman, tertib dan damai di Yahukimo. Dia mengajak semua pihak untuk bisa menjaga keamanan di Yahukimo selama proses Pilkada berlangsung.

Sebelumnya, enam pasangan calon bupati dan wakil bupati di dua kabupaten Provinsi Papua positif terpapar virus korona jenis baru atau Covid-19.

Anggota KPU Papua Divisi Teknis, Melkianus Kambu mengatakan tahapan pemeriksaan kesehatan bagi enam pasangan ini untuk sementara ditunda.

Sementara enam pasangan calon kepala daerah yang terpapar Covid-19 tersebut, terdiri dari Kabupaten Keerom satu pasangan dan Kabupaten Supiori lima pasangan.

Adapun sebanyak 35 pasangan yang berkas pencalonan yang diterima KPUD di 11 kabupaten peserta Pilkada tahun ini. Pemeriksaan kesehatan seluruh pasangan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Dok II Jayapura.

Anggota Badan Pengawas Pemilu Papua Ronald Manoach mengatakan, pihaknya meminta seluruh penyelenggara pemilu yang ikut dalam pendaftaran enam pasangan tersebut turut mengikuti pemeriksaan sampel usap.

Ia pun menegaskan Bawaslu Papua akan mengawasi ketat pelaksanaan tahapan Pilkada dengan protokol kesehatan bersama tim gugus tugas penanganan Covid-19. Pihaknya bersama tim Satgas Covid bakal membubarkan pross kampanye apabila tidak mematuhi protokol kesehatan.

EDITOR : ERWIN

Komentar