Tolikara: Bupati Tinjau Jalan di Wenam

KARUBAGA (PTIMES)-Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si pekan lalu meninjau langsung musibah longsor di kampung Baggeri Distrik Wenam Kabupaten Tolikara, Papua. Akibat longsor, badan jalan yang menghubungkan daerah tersebut putus dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Terputusnya badan jalan itu membuat akses kendaraan umum baik roda empat dan roda dua dari Karubaga Ibu kota Tolikara menuju Distrik Wenam hingga ke Wamena serta ke Puncak jaya dan sebaliknya tidak bisa dilewati karena lebarnya longsor mencapai lebih dari 10 meter dengan kedalaman sekira lebih dari 20 meter,”ungkap Bupati.

Menurut Bupati Usman, dari hasil pantauan, lokasi longsor memiliki kemiringan lebih terjal sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikar tidaka bisa lagi membagun jalan disana. Solusinya, akan dibangun jalan melalui jalur yang lain. “Kita akan membagun jalan melalui tempat lain tidak bisa bagun jalan di tempat yang sama karena tempat longsor sudah jurang,”katanya.

Dijelaskan Bupati, struktur tanah di Tolikara pada umumnya labil dan berair dengan topografi daerah Tolikara bergunung- gunung dengan kemiringan lereng lebih terjal, Sehingga berpotensi tinggi rawan bencana saat musim hujan apalagi terjadi gempa bumi.
“Karena itu kita melalui Badan penanggulangan Bencana Daerah Tolikara selalu menghimbau agar masyarakat waspada setiap tahunnya,”tambah Usman.

Akibat badan jalan rusak, kata Bupati, semua kendaraan roda dua dan roda empat dari luar menuju Kota Karubaga dan sebaliknya saat ini dialihkan melalui pertigaan Kampung Nanggulime ke kota Karubaga.

“Sambil kami berupaya berkomunikasi dengan pemilik hak ulayat dan menyiapkan dana untuk bagun jalan maka dihimbau kepada seluruh kendaraan roda dua dan empat dialihkan melalui jalan pertigaan nanggulime ke kota karubaga dan sebaliknya,”ujarnya.

Kata Bupati, untuk membangun ruas jalan baru maka Pemkab Tolikara akan bernegosiasi dengan warga pemilik hak ulayat dan menyiapkan anggaran untuk membangun jalan.

Editor: LEPIANUS K/YESAYA M