DKP : PPI Hamadi Sudah Mulai Direnovasi

JAYAPURA (PTIMES) – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua memastikan telah mulai merenovasi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Hamadi, Kota Jayapura, berikut seluruh fasilitas yang ada.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua FX. Mote katakan, proses pekerjaan telah dimulai sejak akhir 2019 lalu.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Dimana pembenahan PPI Hamadi berkenaan dengan menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 yang akan digelar pada Oktober mendatang.

“Kita ingin agar fasilitas di PPI Hamadi saat PON sudah jauh lebih baik. Sebab PPI Hamadi berada di Kota Jayapura yang merupakan ‘wajah’ Provinsi Papua”.

“Sehingga kita merasa perlu mendorong perbaikan fasilitas PPI Hamadi, sehingga diharapkan bisa mendukung penyediaan ikan saat PON XX 2020 di tanah ini,” terang dia, di Jayapura, Kamis.

Sementara dana yang disiapkan untuk merenovasi PPI Hamadi sebesar Rp5 miliar. Bersumber dari dana APBD.
Beberapa fasilitas yang diperbaiki, diantaranya seperti pasar lelang ikan, bangunan kantor, lahan parkir, jalan masuk ke PPI, serta membangun tempat penyimpanan ikan berpendingin (cold storage) dengan kapasitas lebih besar.

“Sebab, PPI Hamadi ini kan bakal menjadi sentra penyediaan ikan bagi klaster Kota dan Kabupaten Jayapua saat pelaksanan PON XX nanti”.

“Makanya kita kebut pekerjaannya dan optimis bisa tuntas sebelum pelaksanaan PON di bulan Oktober nanti,” ucap ia.
Sementara yang terpenting dari perbaikan fasilitas di PPI Hamadi, tambah Mote, penarikan retrebusi bagi pengunjung PPI bakal lebih tertib.

“Dalam artian, untuk retrebusi parkir misalnya ini nanti akan masuk ke kas daerah menjadi PAD,” pungkas ia.

EDITOR : ERWIN

Komentar