PON XX : Basket Papua Bidik TC di Darwin

JAYAPURA (PTIMES) – Cabang Olahraga (Cabor) Basket PON Papua dipastikan mengikuti Training Center (TC) atau pemusatan latihan di Kota Darwin, Australia, sekitar Mei 2020 mendatang.

Menurut Ketua Pengprov Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Papua Ribka Haluk, dipilihnya Australia karena pengurus berkeinginan kuat membekali para atlet dengan jam terbang yang tinggi serta kualitas dan fasilitas mumpuni.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Sebab di Darwin itu ada sekolah tinggi khusus basket dan kebetulan pelatih basket Papua yang ada saat ini, mau memfasilitasi tempat latihan dan sparing patner”.

“Intinya, kalau dari sisi edukasi bagus (di Darwin, Australia) karena banyak akademi disana. Yang pasti kita mau coba kemampuan anak-anak dengan kompetisi yang lebih maksimal di luar negeri,” terang dia, di Jayapura, Jumat (6/12/2019).

Kendati demikian untuk ajang pemanasan sebelum ke TC ke Darwin, tim basket Papua akan lebih dulu menjajal latihan intensif di Bali pada awal tahun depan hingga April 2020 mendatang.

Sementara pada 14 Desember 2019 mendatang, tambah Ribka, tim basket putra Papua akan mengikuti uji tanding secara nasional di Kabupaten Mimika. Dari uji tanding itu, diharapkan pelatih kepala sudah mampu mengukur kelemahan dan kelebihan dari masing-masing atlet.

“Apalagi sudah ada penegasan dari Puslatprov Papua agar seluruh Cabor segera menetapkan tim inti yang akan turun dalam PON XX 2020”.

“Tapi saya pikir pelatih kepala sudah memiliki kerangka inti yang nantinya turun di PON. Kita harap tentunya bisa terbentuk tim intinya dalam waktu dekat,” pungkas dia.

EDITOR : ERWIN

Komentar