Doren Wakerkwa : Kerja Sama Dengan PNG Harus Terus Dijaga dan Ditingkatkan

JAYAPURA (PTIMES) – Asisten Bidang Pemerintahan Papua, Doren Wakerkwa menilai hubungan baik yang sudah terbangun antara provinsi tertimur di Indonesia tersebut, dengan Pemerintah Papua Nugini (PNG), harus dijaga dan ditingkatkan.

Antara lain dengan saling percaya satu dengan yang lain, menghargai serta menghormati kedaulatan negara masing-masing.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Intinya tidak boleh saling mengganggu kedaulatan masing-masing,” terang Doren Wakerkwa, di Jayapura, Kamis.
Ia juga meminta semua permasalahan yang terjadi di wilayah perbatasan antara Papua dengan Papua Nugini, harus diselesaikan bersama-sama secara damai.

“Segala yang terjadi di wilayah perbatasan yang sampai saat ini belum terselesaikan harus dibicarakan, dan dicarikan solusinya secara damai. Sehingga hubungan yang sudah terbangun lama ini bisa terus terjaga,” ucap ia.

Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzana Wanggai katakan, dalam berbagai kesempatan, ada warga Papua (Indonesia) yang tidak secara sengaja masuk wilayah PNG.

Sehingga diharapkan Pemerintah Papua Nugini dapat memperlakukan masyarakat tersebut berbeda dengan mereka yang masuk secara ilegal.

“Sebab, selama ini kami perlakukan warga PNG dengan baik jika tidak secara sengaja masuk ke Papua”.

“Sehingga hal ini diharapkan bisa menjadi perhatian pihak PNG, yang selanjutnya telah direspon bahwa mereka akan lebih bijak dalam setiap tindakan, mengingat hubungan Indonesia dengan PNG sangat baik,” terang ia.

EDITOR : ERWIN

Komentar