PON XX, KONI Optimis Venue Rampung Tepat Waktu

JAYAPURA(PTIMES)-Ketua Umum Komite Nasional Olahraga Nasional (KONI) pusat, Marciano Norman mengunjungi venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, yang dibiayai dari anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua, Jumat (11/10/2019).

Wakil ketua KONI pusat, Suwarno mengatakan Papua sebagai tuan rumah PON ke-20 pada 2020 mendatang. Tantangan menggelar adalah menyediakan venue. Namun, melihat pembangunan venue saat ini, pihaknya optimis venue akan selesai dibangun tepat waktu.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“kita sudah keliling melihat venue PON di Kota dan Kabupaten Jayapura, rata-rata progresnya sudah 50 persen, kami optimis bisa selesai tepat waktu,” kata Suwarno kepada wartawan di Jayapura, Jumat sore.

Meski secara keseluruhan pembangunan infrastruktur PON 2020 masih diangka 50 persen, Suwarno mengaku, venue yang dibangun dengan biaya APBD Papua akan selesai bulan Desember 2019. Sementara venue yang dibangun dengan APBN akan rampung Juli 2020.

“Semuanya sedang progres, sedang dibangun oleh Kementerian PUPR maupun Pemerintah Provinsi Papua. Jadi saya yakin tepat waktu. Sabar saja dan support,” imbuhnya.

Selain venue, PON 2020 di Papua hanya dipertandingan di cluster yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. “cluster penyelenggaran juga berkurang, makanya kita harus segera menyusun jadwal pertandingannya,” ujarnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa mengatakan, tugas pokok Disorda Papua adalah menyiapkan venue PON 2020. Oleh karena itu, pihaknya sangat konsen untuk mengawasi pembangunan infrastruktur PON 2020.

“dari sisi venue, kami optimis venue yang dibiayai APBD Papua akan selesai dibangun di bulan Desember 2019,” ujarnya.

Alexander mengaku, dukungan pembangunan Infrastruktur juga dibangun oleh Pemerintah Kota dan Merauke. Dimana, Kota Jayapura mendapat bantuan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemenpora untuk pembanbunan GOR di Koya Timur, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Kemudian, APBD Kabupaten Mereuke untuk pembangunan stadion Katapal.

“Stadion Katapal Merauke, kita sharing dana, dimana, APBD Provinsi untuk pembangunan lapangan, APBD Merauke untuk pembangunan tribun penonton,” pungkasnya.

Editor: HANS BISAY

Komentar