Menteri PUPR: Perbaikan di Papua Dibiayai Dari Dana APBN

JAYAPURA (PTIMES)-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono, Selasa (3/9/2019) pagi, tiba Jayapura, Provinsi Papua, dalam rangka meninjau fasilitas negara,perkantoran dan tempat usaha masyarakat yang rusak akibat demo anarkis Kamis (29/8/2019) lalu. Seluruh pembiayaan perbaikan perkantoran dan fasilitas negara bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Dicegat wartawan di VIP Room Bandara Sentani Jayapura, Menteri Basuki memastikan agendanya di di Bumi Cenderawasih merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo. Kehadiran mereka untuk memperbaiki kembali seluruh fasilitas umum, perkantoran maupun tempat usaha masyarakat yang rusak.
“Kita segera perbaiki mulai hari ini (Selasa,red). Kita bersihkan dan perbaiki kantor-kantor yang rusak,”katanya.
Sementara menyoal rumah maupun tempat usaha warga yang dirusak masa demo anarkis, ia pastikan bakal ditangani Kepala BNPB yang juga sudah tiba di Jayapura.
“Untuk perumahan yang rusak nanti dari BNPB akan diberikan bantuan sebagai stimulan. Seluruh dananya bersumber dari APBN,” katanya.
Mengenai pemberian kompensasi bagi korban demo rusuh di Jayapura, Menteri menjawab pemerintah akan mengkaji hal tersebut.
Sebelumnya, ribuan masa di Jayapura menggelar demo menyikapi dugaan tindakan rasial terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur. Sayangnya, aksi demo berujung pembakaran ruko, perkantoran dan gedung pemerintah. Selain itu, massa juga membakar kendaraan roda dua dan roda empat.
Pemerintah Provinsi Papua menyesalkan aksi unjuk rasa berujung aksi anarkis, hingga menyebabkan sejumlah rumah maupun tempat usaha warga serta kendaraan roda dua dan empat, dibakar pendemo.
Pemerintah Provinsi Papua menyatakan siap meringankan beban para korban yang rumah maupun tempat usahanya, dirusak.

Editor: ERWIN RIQUEN

Komentar