SIM PON Mudahkan Layanan Iven PON

JAYAPURA (PTIMES) – Asisten Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, DR.Muhammad Musa’ad,M.Si berharap aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pekan Olahraga Nasional (SIM PON), dapat berperan sebagai alat yang memudahkan pelayanan iven empat tahunan itu pada 2020 mendatang.
Hal itu disampaikan Musa’ad pada Sosialisasi dan Forum Group Discusion (FGD) Sistem Aplikasi PON XX di Papua, di Jayapura.
Menurut dia, suksesnya iven PON XX sangat bergantung pada Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui sistem pertandingan dan layanan non pertandingan serta reporting hasil pertandingan melalui SIM PON.
Dimana aplikasi ini lah yang bakal dinikmati publik maupun untuk kepentingan pelaporan secara menyeluruh dala penyelenggaraan multi iven.
“Makanya saya berharap seluruh peserta yang hadir dapat aktif menilai dan memberi masukan terhadap aplikasi yang digunakan ini. Sebab hal demikian demi penyempurnaannya aplikasi itu sebagai alat pendukung pelaksanaan PON XX mendatang,” terang ia.
Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Kansiana Salle mengatakan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PON sangat vital dalam proses pelaksanaan PON, mulai dari awal sampai dengan akhir iven empat tahunan itu.
Untuk itu, dia berharap seluruh Pengurus Besar PON Papua dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sehingga dapat tahu posisi dan kewajiban yang harus dipersiapkan serta dilakukan jelang dan saat agenda nasional itu bergulir.
“Sebab dalam TIK PON ini kan ada SIM PON yang mana akan persiapkan siapkan peralatan serta sarana seperti comand center. TIK PON ini pastinya untuk mensukseskan PON dan Peparnas. Intinya nanti dalam SIM PON itu akan disiapkan semacam modul untuk orang bisa belajar bagaimana mengisi aplikasi”.
“Sehingga nanti akan ada portal web khusus yang bisa diakses melalui smart phone untuk mengetahui tentang pelaksanaan PON dan Peparnas nanti,” tuntasnya.

Editor: ERWIN RIQUEN