Papua Siap Kirim Bantuan Beras ke PNG

JAYAPURA (PTIMES)– Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pertanian dan Pangan siap mengirimkan bantuan beras sebanyak 20 ton ke Provinsi West New Britain Papua New Guinea (PNG) pasca bencana alam disana. Bantuan tersebut segera akan dikirim setelah mendapat surat rekomendasi dari kementerian terkait.
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua,Ir. Semuel Siriwa,M.Si mengatakan beras bantuan sebanyak 20 ton tersebut kini sudah standby di Kabupaten Merauke dan tinggal menunggu disalurkan kepada para korban gunung meletus di Papua Nugini.
“Sebab melalui pemberian bantuan beras ini, kita harap bisa membuka kerja sama ekspor ke negara tetangga PNG. Tapi lagi-lagi bantuan ini adalah untuk bencana alam, kita harap bisa segera turun rekomendasi dari kementerian,” terang dia.
Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe memastikan bakal memberi bantuan beras 20 ton untuk korban bencana alam di Provinsi West New Britain Papua Nugini, melalui Provinsi Madang.
Bantuan tersebut, dalam terkait meletusnya dua gunung di PNG, yakni Gunung Manam dan Ulawun pada akhir Juni lalu. Akibat bencana alam tersebut pula, sekitar 15 ribu penduduk setempat harus mengungsi ke delapan lokasi.
Selain membicarakan penyerahan bantuan beras bagi pengungsi, Gubernur Papua yang pada Juli lalu berkunjung ke PNG juga berdiskusi tentang peluang kerja sama perdagangan antar kedua wilayah.
Sementara pemberian bantuan dari Provinsi Papua ke PNG bakal dijadikan sebagai momentum membuka kerja sama bidang ekonomi.
“Sebab kita harap kedepan tak hanya kerja sama bidang ekonomi yang terbuka antara Papua dan PNG. Namun juga pada bidang pertanian, pariwisara, kehutanan, perikanan dan transportasi,” tutup Lukas.

Editor: ERWIN RIQUEN

Komentar